Home Info Kesehatan Tips Alami Sederhana Atasi Jamur Kuku

Tips Alami Sederhana Atasi Jamur Kuku

537
0

Tips-Alami-Sederhana-Atasi-Jamur-Kuku

Kabarmaya.co.id Jika Anda memiliki bintik putih atau kuning dan bersarang di ujung kuku, Anda perlu mewaspadainya karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda Anda telah terinfeksi kamur kuku. Jika Anda sudah terinfeksi, maka kuku akan menghitam, menebal dan lama kelamaan akan menghancurkan bagian tepi kuku Anda.

Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka akan mempengaruhi beberapa kuku yang lain. Jika memang kondisinya tidak begitu mengganggu, maka Anda tak perlu khawatir. Namun jika rasa sakit sudah menghinggap serta kuku mulai menebal sebaiknya Anda mulai melakukan perawatan diri.

Dikutip dari Mayoclinic, Senin (13/6/2016), menggunakan obat–obatan dapat dilakukan namun sifatnya hanya sementara karena jamur masih dapat kembali lagi. Jamur kuku disebut juga dengan onikomikosis. Akan disebut sebagai atlet kaki (tinea pedis) jika jamur tersebut sudah menginfeksi daerah jari–jari kaki dan kulit kaki Anda.

Sebelum Anda melakukan perawatan atau pengobatan jamur kuku ini, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu penyebab dan juga jenisnya. Jamur dermatofit merupakan penyebab adanya gangguan pada kuku.

Selain itu, onikomikosis terkadang juga terjadi akibat adanya jamur ragi (candida). Jamur–jamur tersebut lebih mudah tumbuh di kuku kaki dibandingkan dengan kuku tangan. Hal tersebut terjadi karena kaki lebih lembab, hangat dan juga gelap, tempat yangsangat disukai oleh jamur.

Jika Anda salah satu orang yang sudah terinfeksi jamur kuku tersebut, bisa mengatasinya sendiri dengan melakukan beberapa perawatan di rumah. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai  berikut:

  1. Obat anti jamur

Jika pada kuku Anda sudah terlihat tanda–tanda putih, maka segeralah mencuci kuku dan keringkan. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan obat anti jamur yang berupa salep.

  1. Pakai balsam

Walaupun belum ada penelitian secara medis, namun balsam dipercaya bisa membasmi jamur kuku. Namun, ada baiknya jika sebelum mengaplikasikannya Anda berkonsultasi dahulu kepada dokter.

  1. Memotong kuku

Rasa sakit dapat dikurangi dengan memotong kuku kemudian menipiskannya. Cara ini dilakukan agar obat juga dapat menyerap lebih mudah dan lebih dalam.

Namun jika beberapa cara diatas belum mampu mengurangi atau menghilangkan masalah Anda, ada baiknya jika Anda segera melakukan konsultasi ke dokter.

Baca juga:

Waspadai Beberapa Tanda Pada Kuku Ini Bisa Jadi Tanda Jika Tubuh Terserang Penyakit

Apa Penyebab Sinar Matahari Bisa Hitamkan Kulit?

Tips Memilih Sabun Muka yang Cocok untuk Kulit Wajah Berjerawat

 

Loading...