Home Info Kesehatan Jangan Minum Air Setelah Makan Pedas!

Jangan Minum Air Setelah Makan Pedas!

1079
0

Jangan-Minum-Air-Setelah-Makan-Pedas

Kabarmaya.com – ‘Tak enak jika makanan tak pedas’, semboyan itu mungkin ada benarnya. Bahkan kuliner Nusantara selalu menyajikan makanan daerah dengan rasa pedas yang beraneka ragam. Semakin pedas rasanya, semakin menggoda untuk dimakan.

Rasa pedas mempunyai sensasi tersendiri ketika menyentuh bagian lidah. Bagi penggila makanan pedas, sekali makan pedas pasti merasa ketagihan.

Namun beda dengan orang yang tidak suka pedas, mereka pasti kelabakan mencari air minum saat ujung lidahnya menyentuh cabai. Eits ingat, jangan seketika minum air saat kepedasan. Simak tips berikut ini.

1.    Minum susu
Dianjurkan minum susu murni karena dalam minuman ini terkandung senyawa kasein yang mengikat minyak yang timbul akibat makanan pedas dan membasuh rasa pedas dari tenggorokan. Ingat, pilih susu murni, bukan susu instan atau full cream.

2.    Mengecap gula atau garam
Mengecap gula diprediksi bisa mengurangi rasa pedas yang dirasakan. Selain gula, dapat juga menggunakan garam, karena garam akan menghisap rasa pedas pada lidah. Hal ini juga bisa dilakukan pada waktu memasak. Dengan menambahkan garam pada masakan yang terlalu pedas, rasa pedas masakan akan berkurang.

3.    Makan nasi, roti, atau biskuit
Tekstur nasi, roti, atau biscuit memang sedikit kasar, sehingga membuat lidah berfokus pada tekstur makanan-makanan tersebut. Trik ini akan membuat lidah sibuk, dan alhasil rasa pedas akan berlalu seiring dengan waktu.

4.    Makan buah jeruk-jerukan
Sambal sering disajikan menggunakan jeruk nipis, selain memberikan aroma segar ternyata risan jeruk nipis juga membantu mengurangi efek rasa pedas sambal pada lidah. Minyak pada buah jeruk nipis atau jeruk manis dapat mengikat minyak yang timbul dari cabe atau masakan pedas.

Kenapa tidak boleh minum air ketika mengalami kepedasan? Hal ini dikarenakan air yang diminum berapapun suhunya akan menambah rasa pedas di dalam mulut. Rasa pedas akan menyebar ke seluruh penjuru mulut dan rongga kerongkongan.

Loading...