Home Informasi Selebritis Kronologi Penangkapan KPK Dalam Kasus Suap Saipul Jamil

Kronologi Penangkapan KPK Dalam Kasus Suap Saipul Jamil

374
0
Saipul Jamil
Saipul Jamil

Kabarmaya.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara berinisial R, Rabu (15/6/2016). R ditangkap terkait kasus penyuapan yang dilakukan Saipul Jamil dalam kasus pelecehan seksual.

Pada Rabu, 15 Juni 2016 sekitar pukul 10.40, KPK mengamankan penasihat hukum Saipul Jamil berinisial BN dan K. Kemudian seorang panitera muda dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang berinisial R di daerah Sunter.

“Jadi lokasi di daerah Sunter, Jakarta Utara, sesaat penyerahan sejumlah uang dari BN kepada R. Dari tangan R, penyidik mendapat uang sejumlah Rp 250 juta dalam tas plastik berwarna merah,” ungkap Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, Kamis (16/6/2016).

Setelah menangkap R di daerah Sunter, penyidik kemudian bergerak ke tiga lokasi berbeda. KPK menangkap SH, kakak Saipul Jamil di kediamannya di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekitar pukul 13.00 WIB. Kepala tim penasihat hukum Saipul Jamil, K ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta pada malam hari. Kemudian DS, panitera pengganti PN Jakut di kantornya sekitar pukul 18.00 dan dua sopir.

“Jadi seperti yang dijelaskan tadi, pemberian uang tersebut terkait perbuatan asusila terhadap seorang anak oleh SJ yang disidangkan di PN Jakut,” ujar Basaria.

Setelah melakukan pemeriksaan 1 x 24 jam, KPK melakukan gelar perkara dan memutuskan untuk meningkatkan status tujuh orang itu. Ditetapkan empat orang sebagai tersangka dan dinaikkan ke tingkat penyidikan 1.

Loading...