Home Informasi Teknologi Intel Siap Luncurkan Optane SSD, Memori Dengan Performa 1000 Kali Lipat Lebih...

Intel Siap Luncurkan Optane SSD, Memori Dengan Performa 1000 Kali Lipat Lebih Baik

957
0

Intel-Siap-Luncurkan-Optane-SSD-Memori-Dengan-Performa-1000-Kali-Lipat-Lebih-Baik

Kabarmaya.co.id Optane, produk yang disebut–sebut sebagai hasil dari kemauan teknologi yang paling signifikan dalam kategori penyimpanan data non-volatile 3D Xpoint memori di tahun ini tersebut kabarnya akan dirilis oleh Intel dalam waktu dekat.

Kabar tersebut mulai berhembus sejak adanya laporan dari situs benchlife.info. Situs yang berasa dari Taiwan tersebut telah memposting slide presentasi yang menunjukkan akan ada lini baru yang akan dirilis tahun ini dan kemungkinan juga akan meluncur bersamaan dengan platform prosesor Kaby Lake besutan Intel.

Kabarnya, Optane akan hadir dalam beberapa lini SSD. Menurut bocoran slide presentasi dari Intel, kehadiran produk tersebut akan dimulai dari Mansion Beach di akhir 2016, diikuti Brighton Beach dan Stony Beach. Line up SSD Mansion Beach akan menggunakan NVMe Pcle Gen 3×4 konfigurasi (dengan 4 I / O lanes) yang juga memungkinkan untuk ditempatkan pada sistem motherboard.

Stony Beach yang dikabarkan akan hadir sebagai Pcle kelas interprice/NVMe SSD dan akan dipasarkan sebagai server teknologi akselerator tersebut akan diluncurkan tidak jauh dari waktu peluncuran Mansion Beach. Sementara itu, untuk Brighten Beach akan segera dirilis pada kuartal pertama tahun 2017 mendatang. Produk ini kabarnya akan mewakili lini produk low-end dengan menggunakan konfigurasi Pcle 3.0 x 2 (dua I/O lanes).

Setelahnya, akan ada Carson Beach yang akan diperkenalkan Pcle 3.0 x 4 dengan kartu M.2, serta ball grid array (BGA) yang akan disolder langsung ke motherboard komputer dan juga bertindak sebagai generasi kedua dari Intel “sistem akselerator”. Rencananya, Intel juga akan memperbaharui mansion Beach, serta generasi kedua Pcle dan produk flash SATA 3D NAND tahun 2017 mendatang.

Sebenarnya, pengumuman tentang memori Optane sudah dilakukan Intel dan Micron sejak hampir setahun yang lalu. Pada saat itu, perusahaan tersebut menyebutnya dengan 3D Xpoint. Saat Intel dan Micron menggadang–gadang 3D Xpoint RAM sebagai “kelas pertama dari memori baru semenjak tahun 1989”, ini mengacu pada floating gate NAND, banyak dari ahli yakin bahwa hal tersebut adalah memori RAM resitif berdasarkan chip 128 GB.

Pihak perusahaan juga telah mengklaim jika produk tersebut merupakan jenis baru dari memori yang 1.000 kali lebih cepat dan memiliki 1.000 kali lipat daya tahan lebih baik dari NAND Flash. Seribu kali daya tahan akan menjadi sekitar 1 juta siklus delete-write, berarti memori ini pada dasarnya bisa bertahan selamanya.

Pada pengumuman yang dilakukan sebelumnya, Intel dengan jelas mengatakan jika pihaknya tengah merencanakan pengiriman produk Optane yang akan dimulai mulai tahun ini.

Loading...