Home Info Kesehatan 5 Efek Negatif Alkohol Bagi Tubuh Manusia

5 Efek Negatif Alkohol Bagi Tubuh Manusia

407
0

5-Efek-Negatif-Alkohol-Bagi-Tubuh-Manusia

Kabarmaya.co.id Sudah menjadi rahasia umum jika alkohol memiliki dampak negatif  pada kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Namun ternyata, selain berdampak pada kesehatan, nyatanya alkohol juga bisa mempengaruhi lunturnya kecantikan yang dimiliki oleh seorang wanita dengan jangka waktu yang relatif cepat.

Dikutip dari Total Beauty, Kamis (16/6/2016), alkohol tidak hanya berefek negatif pada organ tubuh bagian dalam saja, bahkan pada wanita khususnya, alkohol juga mampu berdampak buruk bagi kulit hingga rambutnya.

  1. Alkohol mampu mempercepat proses penuaan

Saat Anda terbangun di pagi hari setelah mengkonsumsi alkohol pada malam hari sebelumnya, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dengan kondisi ini, produksi vasopressin (hormon anti-diuretik yang menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh)akan terhambat.

Apabila Anda terbiasa mengkonsumsi alkohol, maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang air secara berlebih dan menyebabkan kulit akan mudah kering. Kondisi ini akan mempengaruhi kulit sehingga kelembaban akan berkurang dan menyebabkan kulit cepat keriput. Hal tersebut menunjukkan jika mengkonsusmsi alkohol mampu mempercepat proses penuaan tampilan khususnya para wanita.

  1. Memperburuk kulit

Menurut survei yang dilakukan oleh National Rosacea Society kepada kurang lebih 1.066 pasien, sebanyak 52 persen kondisi pasien yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami kemerahan pada kulitnya.

Perubahan pada kulit tersebut diakibatkan oleh dampak alkohol yang meningkatkan aliran darah dan melebarkan pembuluh darah kecil yang paling dekat dengan lapisan luar kulit.

  1. Alkohol sebabkan perut kembung

Saat anda mengkonsumsi alkohol, cairan serta elektrolit akan dirampok oleh tubuh sehingga jaringan akan membengkak dan pada akhirnya perut akan menjadi kembung.

  1. Alkohol mempengaruhi mata

Pembuluh kapiler akan merusak wajah yang nantinya juga akan mengganggu mata saat Anda aktif mengkonsumsi alkohol. Kondisi ini akan memperbesar pembuluh darah kecil pada permukaan mata Anda yang menyebabkan mata menjadi merah.

  1. Alkohol dapat merusak rambut

Mengkonsumsi alkohol secara aktif dapat memicu defisiensi zinc dalam tubuh manusia. hal tersebut dapat memicu rontoknya rambut. Selain itu, dehidrasi yang juga merupakan dampak buruk alkohol juga mampu melemahkan rambut dan menjadiannya rentan terhadap kerapuhan.

Loading...