Home Info Kesehatan Olahraga, Kunci Kurangi Gejala Hiperaktif

Olahraga, Kunci Kurangi Gejala Hiperaktif

446
0

Malas-Berolahraga-Ini-Trik-Mudah-Supaya-Giat-Berolahraga

Kabarmaya.co.id Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, melakukan olahraga nyatanya dapat mengurangi atau meringankan gejala hiperactivity disorder (ADHD) yang diidap oleh orang dewasa.

Dikutip dari Time of India, Jumat (17/6/2016), Gejala ADHD sendiri dapat mengakibatkan penderitanya mengalami depresi, kekurangan energi dan juga kinerja yang buruk bahkan bisa meningkatkan kecelakaan lalu lintas.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika olahraga memiliki manfaat psikologis bagi orang dewasa. Selain itu, gejala ADHD juga dapat ditekan sedikit demi sedikit.

“Latihan sudah dikenal sebagai peredam stres, dan mendorong suasana hati sehingga benar-benar memiliki potensi untuk membantu penderita,” ujar penulis senior studi Patrick O’Connor, profesor di University of Georgia di AS.

“Sementara obat resep yang digunakan untuk mengobati gejala-gejala ini meningkatkan risiko penyalahgunaan atau ketergantungan serta efek samping yang negatif,” lanjutnya.

Menurut penuturan O’Connor, jika tidak diimbangi dengan olahraga, penderita ADHD tersebut akan memiliki resiko berbahaya.

Dalam penelitian tersebut, terdapat 32 partisipan pria muda dengan gejala ADHD yang melakukan aktifitas bersepeda selama 20 menit. Di hari lainnya, mereka duduk dan istirahat selama 20 menit untuk kontrol kondisi.

Partisipan tersebut diminta untuk melakukan berbagai tugas yang membutuhkan konsentrasi sebelum dan juga sesudah kondisi yang berbeda. Para peneliti akan mencatat gerakan kaki, suasana hati, perhatian dan juga motivasi yang akan dilaporkan.

Hasilnya, para peneliti tersebut mengatakan jika setelah latihan, para partisipan justru terlihat lebih enerjik dan lebih termotivasi.

Baca juga:

Olahraga Renang Ternyata Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

Cara Paling Simple Yang Membuat Perut Anda Rata Tanpa Berolahraga Terlalu Lama

Tips Mengecilkan Paha dan Betis Tanpa Perlu Berolahraga

 

Loading...