Mobile Site

5 Grup K-Pop Generasi Pertama Paling Populer Era 90-an

Berita K-Pop 21 View

5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-H.O.T

H.O.T

Kabarmaya.co.id – Musik K-Pop saat ini sudah merambah ke seluruh pelosok dunia. Bukan hal baru lagi beberapa lagu K-Pop masuk deretan lagu terpopuler chart Billboard. Bagi penggemar musik K-Pop, tahukan Anda bahwa ada beberapa boy grup K-Pop yang mengawali berdirinya musik K-Pop yang digemari oleh banyak kalangan seperti sekarang ini?

Meski juga ada girl grup, namun pesona boy grup lebih besar. Setidaknya ada 5 boy grup yang tenar di era 90-an, mulai dari H.O.T hingga 1TYM. Berikut adalah ulasan mengenal 5 boy grup generasi pertama terpopuler di masanya:

  1. H.O.T
5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-H.O.T

H.O.T

Grup ini bisa dibilang menjadi grup paling populer di tahun 1990-an. Grup yang terdiri dari 5 member ini didebutkan pada tahun 1996 silam. Perlu diketahui bahwa H.O.T merupakan grup idol pertama yang dibentuk oleh agensi artis terbesar di Korea Selatan yaitu SM Entertainment. Grup ini terdiri dari Kangta, Moon Heejoon, Jang Woohyuk, Tony Ahn, dan Lee Jaewon dengan lagu terpopuler mereka ‘Candy’. Ada pula lagu hits H.O.T yaitu ‘We Are Future dan ‘Full of Happiness’. Sayangnya grup ini harus dibubarkan pada tahun 2001 meskipun banyak penggemar yang mengharapkan H.O.T mengeluarkan album baru. Tony Ahn bersama Woohyuk dan Jaewon membuat grup baru bernama JTL yang hits dengan tembang mereka ‘My Lecon’. Hingga saat ini, hanya Kangta yang bertahan di SM dan menjabat salah satu posisi direktur eksekutif bersama BoA Kwon.

  1. SECHSKIES

5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-SECHSKIES

Jika membicarakan SM Entertainment rasanya tidak lengkap jika tidak berbicara YG Entertainment. SECHSKIES sebenarnya bukan didebutkan dari YG. Grup dengan 6 member ini debut tahun 1997 dan langsung mendapatkan popularitas mereka. SECHSKIES adalah saingan berat H.O.T, tak jarang kedua fandom dari grup masing-masing terlibat perang penggemar untuk menyebut idolanya paling populer. Sayangnya sama dengan nasib H.O.T, SECHSKIES juga dibubarkan pada tahun 2000. 16 tahun bubar, SECHSKIES kembali di bawah naungan YG Entertainment mulai tahun 2016. Kontrak baru tersebut membuat SECHSKIES kembali bangkit dan mengeluarkan album kembali meski tanpa Ko Jiyong. Jiyong diketahui menikah dengan seorang dokter dan beralioh profesi sebagai pekerja kantoran. Meski tidak ikut comeback SECHSKIES, Jiyong mengobati rindu penggemar dengan mengikuti program reality show keluarga ‘The Return of Superman’ bersama anaknya, Ko Sungjae.

  1. SHINHWA

5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-SHINHWA

Setelah H.O.T, SM Entertainment kembali mendebutkan boy grup kedua yaitu SHINHWA. Grup debutan tahun 1998 ini beranggotakan 6 member yaitu Eric Mun, Lee Minwoo, Kim Dongwan, Shin Hyesung, Jun Jin, dan Andy Lee. Nasib SHINHWA lebih mujur dari pada H.O.T. Hingga saat ini SHINHWA tidak pernah dibubarkan dan para membernya masih aktif menjadi penyanyi dan aktor. SHINHWA juga mencatatkan rekor sebagai grup yang mempunyai masa aktif terpanjang di Korea Selatan tanpa dibubarkan.

  1. SEO TAIJI AND BOYS

5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-SEO-TAEIJI-AND-BOYS

Seo Taiji and Boys bisa dibilang pelopor berdirinya boy grup K-Pop. Debut pada tahun 1992, grup ini terdiri dari trio Seo Taiji, Yang Hyunsuk, dan Lee Juno. Seo Taiji and Boys dikenal sebagai grup yang membawa genre musik Barat ke dalam musik K-Pop. Dengan sentuhakn musik heavy metal dan rap di dalam lagu, Seo Taiji and Boys mempunyai ciri khas tersendiri dalam membawakan musik. Hingga saat ini, Yang Hyunsuk yang mendirikan agensi YG Entertainment juga membawa ciri khas Seo Taiji and Boys dan menjadikan perusahaannya kental dengan aliran hip hop.

  1. 1TYM

5-Grup-K-Pop-Generasi-Pertama-Paling-Populer-Era-90-an-1TYM

Satu lagi boy grup debutan YG Entertainment, adalah 1TYM yang didebutkan pada tahun 1998. Grup ini beranggotakan 4 member yaitu Oh Jinhwan, Park Hongjun, Song Baekyoung, dan Im Taebin. 1TYM meraih kepopuleran mereka di akhir 90-an dan awal 2000-an. Di masa itu, lagu-lagu 1TYM banyak yang memuncaki chart lagu. 1TYM juga berhasil membawa pulang banyak penghargaan untuk kategroi grup hip hop terbaik. Saat ini Park Hongjun atau yang lebih dikenal dengan nama Teddy Park menjadi salah satu produser andalan YG Entertainment. Teddy bahkan ditunjuk menjadi CEO sublabel YG Entertainment, The Black label.

Nostalgia grup K-Pop seperti ini akan membuat Anda kembali mengulas lagu-lagu masa lalu. Meskipun beberapa diantaranya sudah bubar dan tidak melakukan perombakan grup lagi, lagu-lagu mereka tetap menajdi legenda. Lagu ‘Candy’ H.O.T misalnya, sering di-cover penyanyi ataupun grup K-Pop masa kini.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id