Home Info Kesehatan Bahaya Memencet Jerawat

Bahaya Memencet Jerawat

793
0

Cara-Alami-Menghilangkan-Jerawat-Batu

Kabarmaya.com – Bagi Anda yang kesal dengan munculnya jerawat, jangan sekali-kali berusaha menghilangkan jerawat tersebut dengan memencet area jerawat. Ternyata hal ini berpotensi menimbulkan bahaya pada diri Anda.

Tidak semakin membaik, malah justru memburuk. Hal yang menyebabkan kegiatan ini berbahaya adalah ketika Anda memencet jerawat dengan tangan yang tidak steril. Ini akan menyebabkan resiko iritasi dan infeksi.

Ada beberapa bahaya yang terjadi ketika Anda memaksa memencet jerawat, pertama adalah resiko iritasi. Iritasi ini muncul dengan tanda kemerahan yang muncul pada area jerawat. Bahkan jika Anda pencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.

Yang kedua adalah resiko pendarahan. Ketika jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit. Sel-sel darah putih kemudian akan memerangi bakteri yang menyerang, pori-pori akan kembali tersumbat namun meradang. Dengan munculknya pembengkakan dan darah kering, jerawat muncul mungkin bahkan lebih terlihat daripada sebelumnya.

Yang ketiga infeksi juga dapat terjadi. Memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.

Selain itu memencet jerawat juga dapat menyebabkan jaringan parut dan meninggalkan bekas luka atau yang sering disebut dengan flek. Hal ini terutama berlaku pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti papula, pustula, nodul dan kista, yang semuanya bisa sangat menyakitkan.

Bahkan hal seperti ini bisa menyebabkan kematian. Ini di karenakan ada area wajah kita yang seharusnya jerawat di biarkan saja, karena area ini biasanya disebut dengan ‘Segitiga Kematian’ . Karena area Segitiga Kematian ini terdapat saraf-saraf yang penting, jika terkena saat memencet jearawat maka resiko yang di terima akan mengakibatkan kematian.

Bahaya bukan? Maka dari itu disarankan untuk tidak memencet jerawat. Biarkan jerawat Anda pecah dengan sendirinya. Dengan begitu Anda akan meminimalisir resiko-resiko tersebut terjadi pada diri Anda.

Loading...