Home Info Kesehatan 5 Manfaat Spritual dari Berpuasa

5 Manfaat Spritual dari Berpuasa

450
0

5-Manfaat-Sahur-Sebelum-Puasa

Kabarmaya.co.id Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim. Berbagai pakar juga telah menyatakan jika berpuasa memiliki manfaat bagi kesehatan fisik terutama bagi para penderitan diabetes dan juga sakit maag. Disamping itu, sebagian besar umat Muslin juga akan merasakan manfaat spiritual, sehingga hidup mereka akan terasa lebih baik.

Dikutip dari laman Muslimah Healthty, Jumat (17/6/2016), berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan puasa jika dilihat dari segi spiritualnya.

  1. Makin bertakwa kepada Allah

Dibandingkan bulan-bulan lain, di bulan Ramadhan ini Anda terutama umat Muslim akan lebih menyadari kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari Anda. Selama kurun waktu satu bulan, Anda dituntut taj hanya menahan lapar dan juga haus serta hawa nafsu, namun juga menjauh dari segala bentuk dosa. Dengan hadirnya bulan Ramadhan ini, umat Muslim akan mampu menjalankan ibadah dengan lebih fokus.

  1. Memperkuat hubungan dengan Allah

Hubungan manusia dengan Allah akan diperkuat saat Ramadhan datang. Hal tersebut dikarenakan pada bulan ini umat Muslim akan berbondong-bondong untuk melakukan kegiatan ibadah karena ganjarannya akan dilipat gandakan sebanyak 70 kali bahkan lebih. Secara langsung atau tidak, mereka akan lebih termotivasi untuk melakukan kebaikan dan juga ibadah di bulan ini, mulai dari salat tahajud, dzikir, tatwih, itikaf atau sedekah.

  1. Menahan hawa nafsu

Selain menahan nafsu untuk makan dan juga minum, saat berpuasa umat Muslim juga diminta untuk menahan amarah, berkata kasar dan perbuatan buruk lainnya.

  1. Melatih kesabaran

Bulan Ramadhan merupakan momentum yang pasa untuk disebut sebagai bulan kesabaran. Pasalnya, pada bulan ini Anda akan berlatih untuk menahan hawa nafsu, mulai dari sabar menahan lapar, haus serta emosi. Sabar sendiri merupakan aspek penting dalam Islam, arena setelah melewati masa sabar  manusia akan lebih tenag sehingga dapat mejalani kehidupannya dengan ikhlas.

  1. Membangun karakter dan perilaku yang lebih baik

Selama Ramadhan, Anda akan lebih mudah untuk membangun karakter dan juga perilaku yang lebih baik. Secara langsung maupun tidak, Anda akan mengurangi perilaku dan juga kebiasaan buruk, dan menggantinya dengan kebiasaan baik. Selain itu, faktor lingkungan yang mendukung juga akan mempermudah seseorang melakukan perilaku baik.

Baca juga:

5 Manfaat Sahur Sebelum Puasa

Manfaat Dibalik Konsumsi Kuning Telur

Mandi Air Dingin Ternyata Baik untuk Kesehatan Loh, Ini Dia 3 Manfaatnya

 

Loading...