Home Info Kesehatan Kangkung VS Bayam, Sehat Mana?

Kangkung VS Bayam, Sehat Mana?

2140
0

Kangkung-VS-Bayam-Sehat-Mana

Kabarmaya.com – Pernahkah Anda mengkonsumsi dua sayuran hijau berikut ini? Ya, sayuran tersebut adalah kangkung dan bayam. Mengkonsumsi sayuran bermanfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan gizi lain yang diperlukan tubuh.

Apalagi untuk bayam, bayam dikenal sebagai sayuran yang mempunyai zat besi tinggi. Bahkan untuk penderita tekanan darah rendah, disarankan untuk mengkonsumsi bayam supaya badan tidak lemas. Namun bagaimana dengan kandungan gizi di dalam kangkung?

Fiona Hunter, seorang ahli gizi memaparkan kandungan gizi yang terdapat pada bayam. Bayam mengandung asam oksalat dan kalsium untuk membentuk senyawa tidak larut dan tidak dapat diserap tubuh. Lebih dari itu, asam oksalat dan garamnya yang larut air dapat membahayakan tubuh.

“Asam oksalat tidak hanya mencegah penyerapan kalsium tapi juga dapat membahayakan, karena senyawa tersebut bersifat toksis. Pada dosis tertentu, asam oksalat dapat menyebabkan masalah pada pencernaan hingga kematian,” papar Fiona.

Namun Fiona menambahkan bahwa tidak seluruh sayuran hijau mengandung toksin seperti asam oksalat. Contohnya saja kangkung, ternyata kangkung memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari pada bayam.

Loading...