Home Informasi Travel 5 Wisata Bersejarah di Surabaya Yang Patut Dikunjungi

5 Wisata Bersejarah di Surabaya Yang Patut Dikunjungi

1553
0
Jembatan Merah Surabaya 1930
Jembatan Merah Surabaya 1930

Kabarmaya.co.id – Surabaya terkenal dengan Kota Pahlawan yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota yang sudah ada sejak jaman penjajahan ini seakan menjadi saksi bisu kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal ini tak luput dari perjuangan arek-arek Surabaya yang melawan penjajah dengan semangat yang berkobar. Maka dari itu, tak ayal di Kota Surabaya banyak bangunan-bangunan bersejarah yang kini menjadi tempat wisata.

Berikut adalah 5 daftar tempat wisata bersejarah di Surabaya yang patut dikunjungi wisatawan:

Tugu Pahlawan – Salah satu bukti sejarah dari peristiwa 10 November yaitu sebuah tugu yang diberi nama tugu pahlawan. Tugu ini dibangun guna mengenang peristiwa yang memilukan tersebut. Peristiwa 10 November sendiri merupakan sebuah peristiwa perlawanan arek–arek Suroboyo untuk mengusir penjajah dari Surabaya. Tugu bersejarah yang sekarang dijadikan tempat wisata ini sangat terkenal di Surabaya dan sekaligus menjadi warisan budaya di kota Surabaya bahkan Indonesia.

Jembatan Merah – Jembatan merah juga merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Surabaya. Tempat ini dulunya merupakan tempat para pedagang dari berbagai negara seperti Eropa, Cina dan Arab melakukan transaksi jual beli dan tinggal. Jembatan merah dulunya digunakan sebagai jalur transportasi VOC. Tempat ini juga merupakan tempat terjadinya pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Jembatan yang dulunya menggunakan pagar kayu sebagai pembatas, kini sudah menggunakan pagar besi. Walaupun demikian warna merah pada pagar pembatas tetap digunakan untuk mengenang pertumpahan darah yang sudah terjadi dahulu.

Monumen Kapal Selam – Monumen kapal selam merupakan sebuah tempat wisata yang didalamnya terdapat berbagai benda bersejarah, mulai dari kapal selam, tank, pesawat tempur dan masih banyak lagi. Benda–benda tersebut merupakan benda bersejarah yang sekarang memang sengaja dipamerkan untuk keperluan edukasi. Dalam museum ini, kapal selam yang dipajang adalah kapal selam Angkatan Laut Armada RI bagian Timur, KRI Pasopati 410.

Museum Mpu Tantular – Wisata sejarah selanjutnya adalah Museum Mpu Tantular. Dalam museum ini terdapat berbagai koleksi barang peninggalan bersejarah terutama dari kerajaan – kerajaan terdahulu. Terdapat kurang lebih 1.500 koleksi barang bersejarah dari berbagai kerajaan baik Hindu, Budha maupun Islam. Museum yang buka dari pagi hingga sore ini mematok tarif yang sangat murah. Hanya dengan membayar tiket 4 ribu rupiah untuk orag dewasa dan 3 ribu untuk anak–anak, Anda sudah dapat menikmati suasana ala–ala jaman kerajaan dahulu.

Monumen Jendral Soedirman – Monumen Jendral Sudirman terletak di jalan Yos Sudarso Surabaya. Monumen ini diperuntukkan untuk mengenang Jendral Sudirman dalam kegigihannya melawan para penjajah. Jendral Sudirman adalah seorang pemimpin militer pada masa perang

Pastikan Anda menjadi orang yang merugi jika tidak berkunjung ke tempat bersejarah tersebut jika melancong ke Surabaya..

Baca juga:

Wisata Kuliner Burger Buto di Malang Yang Menantang

Wisata Kuliner Nasi Bebek Surabaya Yang Tak Biasa

Wisata Kuliner Yogyakarta Yang Wajib Di Kunjungi

 

Loading...