Home Info Kesehatan 10 Daftar Makanan yang Menimbulkan Bau Mulut dan Bau Badan

10 Daftar Makanan yang Menimbulkan Bau Mulut dan Bau Badan

555
0

5-Cara-Mengatasi-Bau-Mulut-Tak-Sedap-Secara-Alami

Kabarmaya.co.id – Bau mulut dan bau badan menjadi masalah utama bagi seseorang. Sebenarnya ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi timbulnya bau pada mulut maupun badan seperti jenis kelamin, obat–obatan, suasana hati, bahkan masalah gen seseorang.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang membuat seseorangtidak nyaman tersebut, terlebih dulu harus diketahui penyebab-penyebab yang menimbulkan bau mulut dan bau badan.

Berikut adalah 10 daftar makanan yang berpotensi menimbulkan bau mulut dan bau badan yang harus diminimalisir sebisa mungkin.

  1. Tembakau

Tembakau yang biasanya digunakan untuk bahan dasar rokok ternyata berpotensi untuk menimbulkan timbulnya bau badan yang tak sedap. Asap rokok yang bercampur dengan unsur–unsur lain akan keluar melalui kelenjar keringat. Keringat yang dihasilkan tersebut yang akan menimbulkan bau badan tak sedap pada tubuh Anda.

  1. Rempah-rempah

Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

  1. Kafein dan Alkohol

Tahukah Anda, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan alkohol ternyata juga memiliki potensi untuk menimbulkan bau badan tak sedap bagi tubuh manusia Kafein bisa berasal dari berbagai makanan atau minuman, misalnya kopi, teh, cokelat dan soda. Dengan mengurangi konsumsinya, maka bau badan Anda juga dapat teratasi.

  1. Kolin

Makanan yang memiliki kandungan kolin misalnya, telur, hati, ikan dan kacang–kacangan. Bagi beberapa orang yang tidak mampu mencernanya dengan sempurna, makanan–makanan tersebut dapat menimbulkan bau amis pada keringat yang dihasilkan.

  1. Produk susu

Produk susu banyak mengandung protein, yang ketika dipecah dalam perut dapat menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau tak sedap.

  1. Daging merah

Daging merang merupakan salah satu makanan yang sulit unutk dicerna. Ketika makanan tidak dicerna, racun dan gas yang berbau busuk akan dilepaskan melalu keringat. Chemical menerbitkan hasil sebuah studi yang menyimpulkan bahwa pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menarik, menyenangkan dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang mengkonsumsinya.

  1. Makanan Olahan dan Junk Food

Mengkonsumsi makanan olahan yang terlalu banyak mengandung garam atau gula, minyak terhidrogenasi dan tepung ternyata cenderung akan membusuk diperut. Hal tersebut dapat berakibat pada bau mulut dan bau badan yang dihasilkan.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng cenderung akan mengandung lemak dan minyak yang lebih banyak. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan jenis itu akan menimbulkan gangguan pada proses pencernaan. Hal ini akan mengakibatkan bau badan yang busuk.

  1. Karbohidrat Rendah

Proses pelepasan keton ke dalam aliran darah akibat konsumsi karbohidrat yang rendah ternyata dapat mengakibatkan timbulnya bau badan yang tak sedap.

  1. Trimetilamina

Trimethylaminuria merupakan kelainan genetis yang dapt dimiliki oleh beberapa orang. Kelainan genetik ini dapat mengakibatkan tubuh tidak mampu memecah asam amino, trimetilamin. Akibatnya, keringat akan menghasilkan bau badan amis.

Meski tidak akan dihindari secara langsung, setidaknya meminimalisir jauh lebih baik. Atau jika seseorang tidak bisa menghindarinya, hal tersebut bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

Baca juga:

Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Kulit Jeruk Bersihkan Karang Gigi Dengan Alami dan Cepat

Cara Mudah Atasi Keringat Berlebih pada Ketiak Tanpa Deodorant

 

 

Loading...