Home Info Kesehatan Ini Bahaya Tidur Berlebihan Ketika Puasa Ramadhan

Ini Bahaya Tidur Berlebihan Ketika Puasa Ramadhan

863
0

4-Tips-Atasi-Kantuk-Saat-Puasa

Kabarmaya.co.id Ketika Ramadhan datang, terkadang jam tidur seseorang akan berubah dan sebagian dari mereka akan merasa kekurangan jam tidur. Hal tersebut sebenarnya dapat disiasati dengan meluangkan waktu untuk tidur siang.

Saat menjalankan ibadah puasa, tidur memang merupakan salah satu bentuk ibadah. Namun, apabila dilakukan secara berlebihan maka juga dapat berdampak buruk  bagi kesehatan pelakunya.

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas bernama University of Warwick, Inggris menunjukkan bahwa tidur yang dilakukan kurang dari enam jam dan lebih dari delapan jam dalam sehari dapat beresiko menimbulkan masalah otak.

Dikutip dari laman yang bersangkutan, penelitian tersebuttelah melibatkan kurang lebih 9.000 pria dan wanita dengan rentan usia 50 hingga 64 tahun dan 64 hingga 89 tahun untuk melihat resiko melemahnya otak seseorang akibat terlalu banyak tidur.

“Mengoptimalkan tidur pada lansia bisa membantu menunda penurunan fungsi otak serta mencegah risiko demensia. Sebaliknya, tidur lebih dari delapan jam berisiko penurunan fungsi otak,” ujar Profesor Francesco Cappuccio.

Dr Michelle Miller selaku penulis studi tersebut menyebutkan jika tidur yang baik yaitu dengan durasi enam hingga delapan jam dalam satu hari. Hal tersebut juga dapat menghindarkan Anda dari resiko obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan juga stroke. Sementara jika Anda terlalu banyak tidur atau melebihi jam tidur yang dianjurkan, maka resiko terkena depresi dan masalah kesehatan lainnya juga akan meningkat.

Baca juga:

5 Manfaat Spritual dari Berpuasa

4 Tips Atasi Kantuk Saat Puasa

5 Manfaat Sahur Sebelum Puasa

 

Loading...