Home Informasi Travel Kuliner Korea: Kimchi Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO

Kuliner Korea: Kimchi Masuk Daftar Warisan Budaya UNESCO

1158
0
pembuatan kimchi
pembuatan kimchi

Kabarmaya.co.id – Istri dari Dubes Korea, Gyeyoung Cho, mengatakan bahwa Kimjang atau tradisi pembuatan Kimchi di Korea sudah tercatat dalam daftar Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh UNESCO.

Menurutnya, dibutuhkan waktu lebih dari setengah tahun untuk menanam bahan-bahan yang digunakan untuk Kimjang. Satu keluarga membutuhkan waktu dua sampai tiga hari untuk mendapatkan dan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Kimchi.

“Biasanya ada satu hari dimana warga bersama-sama membuat Kimchi. Kimjang ini adalah acara besar tahunan yang menyatukan keluarga, kerabat jauh, dan tetangga untuk bekerja bersama,” ungkapnya.

Tradisi ini juga dilakukan untuk mempersiapkan persediaan Kimchi di musim dingin. Alasannya, sangat berisiko untuk membuat makanan di musim dingin.

“Faktor ketersediaan bahan pun sulit saat musim dingin, jadi membuat Kimchi sebelum musim dingin agar dapat dimakan 3-4 bulan ke depannya,” terang Gyeyoung Cho.

Setiap tahunnya, masyarakat Korea Selatan mengonsumsi 40 pon atau 8kg Kimchi per orang. Kimchi ini dipercaya yang memberikan sumbangan energi bagi tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat. Satu porsi Kimchi dapat memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan vitamin C dan provitamin A setiap hari. Kimchi banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, kalsium, zat besi dan juga mengandung bakteri asam laktat yang didalamnya termasuk Lactobacillus Kimchi.

Selama wabah SARS di Asia pada tahun 2003, banyak orang percaya bahwa Kimchi dapat mencegah infeksi dan meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung, penjualan Kimchi meningkat hingga 40 persen.

Baca juga:

Doughrito, Sensasi Donat dan Burrito Ala Meksiko

Pesona Wisata Kuliner Ketan Susu Yang Menggoda Lidah

Wisata Kuliner Unik Manado, Pisang Goreng Sambal Roa

 

Loading...