Home Informasi Travel Sawahlunto, Wisata Napak Tilas Tambang Batu Bara Kuno

Sawahlunto, Wisata Napak Tilas Tambang Batu Bara Kuno

2284
0

Sawahlunto-Wisata-Napak-Tilas-Tambang-Batu-Bara-Kuno-

Kabarmaya.com – Sawahlunto merupakan kota di sudut Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya satu jam perjalanan dari padang, wisatawan sudah bisa memasuki area kota ini. Perjalanan ke Sawahlunto akan diiringi oleh pemandangan danau Singkarak yang memaksa mata jarang untuk berkedip untuk menikmati keindahannya.

Sawahlunto terkenal dengan sebutan “mutiara hitam”nya. Hal ini dikarenakan di kota tersebut merupakan daerah penghasil batu bara dengan kualitas terbaik di Indonesia. Bahkan aktivitas penambangan di Sawahlunto sudah ada dari jaman penjajahan.

Selain pemandangan danau Singkarak yang menawan, wisatawan juga akan dimanjakan dengan banyak rel kereta api dan deretan rumah Gadang Bagonjong yang merupakan ciri khas dari Sawahlunto. Perjalanan wisata dijamin tidak akan membosankan.

Menuju tambang batu bara yang terkenal dari jaman kuno, tempat bersejarah ini pertama kali ditemukan oleh William Hendrik de Greeve. Seorang Geologist Belanda ini menemukan tambang Sawahlunto pada awal abad ke-19. Sampai akhirnya Sawahlunto berdiri menjadi tambang yang fasilitasnya memadai seperti adanya fasilitas umum dan penginapan.

Pada saat beroperasi tambang Sawahlunto dibiayai Belanda dalam tahap pembangunannya. Pada masa penjajahan transportasi batu bara hanya dilakukan dengan menggunakan kereta api. Kini tambang ini dibuka sebagai kawasan wisata terkenang di wilayah Sumatera Barat. Wisatawan yang hendak mengunjungi tambang bisa menginap di hotel yang disediakan pemerintah di dekat lokasi wisata.

Loading...