Home Informasi Travel Daftar 10 Kuliner Surabaya yang Paling Diburu

Daftar 10 Kuliner Surabaya yang Paling Diburu

2138
0

Lontong-Balap-Nikmatnya-Kuliner-Surabaya-yang-Legendaris

Kabarmaya.co.id Selain Jakarta, Surabaya juga didapuk menjadi kota Metropolitan. Jika berwisata ke Surabaya, tentunya turis tidak akan luput dari wisata kuliner kota Surabaya yang melegenda.

Kuliner Nusantara yang beraneka ragam patut untuk dijelajah. Nah untuk mengetahui kuliner apa saja khas Surabaya, berikut adalah 10 daftar kuliner khas Surabaya yang dikutip dari harianpost.co.id.

  1. Sate Klopo

Seperti sate–sate kebanyakan, sate klopo juga terbuat dari daging. Walaupun banyak orang awam yang tertipu dengan nama yang disandangnya. Yang membedakan dengan sate lain yaitu campuran jeroan dan lemak sapi pada daging yang ditusuk. Selain itu, uniknya lagi sebelum dibakar sate ini akan dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu. Memang banyak pedagang yang menjajakan sate klopo. Namun, salah satu penjaja sate klopo yang paling terkenal adalah warung sate klopo Ondomohen Bu Asih. Warung ini terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36 Surabaya.

  1. Nasi Goreng Jancuk

Saat Anda berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya untuk mencicipi nasi goreng dengan nama yang fenomenal ini. Nasi Goreng Jancuk, menyuguhkan  menu  nasi goreng porsi jumbo dengan rasa pedas maksimal. Kuliner ini sangat cocok bagi Anda yang doyan dengan makanan pedas. Untuk menikmati nasi goreng ini, harga yang harus dibayar yaitu sekitar Rp 100 ribu. Anda tidak perlu kuatir, dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmatinya dengan teman-teman Anda. Karena porsinya yang jumbo, sekali pesan Anda dapat menghabiskannya dengan 4 sampai 5 orang teman Anda.

  1. Soto Lamongan Cak Har

Meskipun makanan ini bukan makanan asli Surabaya, namun Soto lamongan ini cukup populer di Surabaya. Soto Lamongan ini dimasak menggunakan santan, sehingga rasanya lebih gurih dan kental. Warung Soto Cak Har ini terletak di jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

  1. Rujak Cingur

Jika berkunjung ke Surabaya tak lengkap jika Anda tak menjajal kuliner yang satu ini, rujak cingur.  Kuliner asli Surabaya ini terdiri dari aneka sayur, buah, dan lontong yang diguyur dengan bumbu kacang dan petis. Selain itu, berdasarkan namanya, kuliner ini juga dilengkapi dengan cingur.

  1. Lontong Balap

Lontong balap boleh jadi merupakan ikon kuliner di Surabaya. Dinamakan lontong balap karena konon penjualnya menggunakan pikulan untukmenjajakan dagangannya. Lantaran berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa–gesa sehingga seolah–olah seperti sedang balapan. Makanan ini terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho ditambah dengan taoge yang kemudian disiram dengan kuah.

  1. Bebek Tugu Pahlawan

Tempat menjual kuliner ini hanya berupa warung tenda saja. Namun demikian,  warung yang buka mulai pukul 6 sore tersebut selalu ramai dikunjungi orang. seringkali pelanggan harus rela mengantri demi mendapatkan seporsi nasi bebek hangat dengan sambal yang terkena mantab tersebut. Warung tenda ini terletak di seberang Tugu pahlawan.

  1. Pecel Semanggi

Semanggi merupakan sejenis tanaman yang daunnya bisa dimakan, sama dengan kangkung, bayam atau daun pepaya yang daunnya biasa dimasak untuk dijadikan sayur. Didaerah Surabaya, semanggi biasa dijadikan sebagai pecel. Namun sayang, keberadaan kuliner yang satu ini hampir punah.

  1. Kepiting Cak Gundul

Warung kepiting ini memang sudah tersohor sejak tahun 1992. Menu andalan di warung ini yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Selain kepiting, Anda juga bisa menyantap berbagai kuliner terutama aneka masakan laut lainnya seperti kerang, ikan, udang dan cumi. Warung ini terletak di Jalan Kupang Indah.

  1. Tahu Tek

Kuliner ini terdiri dari tahu goreng, lontong dan kentang yang digunting diatasnya. Setelah ditambahan kecambah dan taburan seledri, kemudian disiramkan petis diatasnya. Ada pula krupuk sebagai pelengkap.

  1. Rawon Setan

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Kuliner ini sebenarnya makanan sejenis soto namun berkuah hitam. Warna hitamnya berasal dari bumbu yang disebut dengan kluwak. Di Surabaya, ada tempat penjual rawon yang sudah menjadi destinasi para pelancong baik dari Surabaya maupun luar Surabaya. Nama kuliner tersebut adalah warung rawon setan. Disebut rawon setan karena potongan daging sapinya berukuran besar dan teksturnya sangat empuk.

Baca juga:

7 Daftar Oleh-Oleh Kuliner Khas Aceh

Daftar Restoran Untuk Menikmati Kuliner Halal di Hong Kong

Lezatnya Kuliner Lotek Kalipah Apo, Khas Bandung Sejak 1953

 

Loading...