Mobile Site

Bukan Hanya Gunung Gamalama, 5 Destinasi Wisata Ini Wajib Dikunjungi Saat Ke Ternate

Wisata 61 View

Bukan-Hanya-Gunung-Gamalama,-5-Destinasi-Wisata-Ini-Wajib-Dikunjungi-Saat-Ke-Ternate

Gunung Gamalama (sumber gambar: surabaya.bisnis.com)

Kabarmaya.co.id – Gunung Gamalama terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara. Pada hari Kamis (4/10/2018) lalu, gunung berapi tersebut dikabarkan telah meletus dan mengeluarkan asap berwarna putih kelabu setinggi 250 meter dari puncak awal. Gunung Gamalama selama ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menarik di Ternate. Selain Gunung Gamalama, Ternate juga memiliki wisata unggulan lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Danau Laguna

Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Ternate, akan ditemukan sebuah desa bernama Ngade. Di desa itulah Danau Laguna bisa diumpai. Desa Ngade sendiri ada di Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara. Selain Danau Laguna, danau ini juga sering disebut sebagai Danau Ngade. Untuk lebih memperindah Danau Ngade atau Danau Laguna ini, masyarakat sekitar telah membangun anjungan berfoto. Disini pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain, seperti memancing.

  1. Desa Fitu

Desa Fitu merupakan sebuah desa yang gambarnya bisa ditemui di lembaran uang Rp 1.000 lama. Dari desa ini, pengunjung bisa melihat Pulau Tidore dan Pulau Maitara. Saat berkunjung ke desa Fitu, para wisatawan tak sedikit yang membawa lembaran uang pecahan Rp 1000 dan menggunakannya sebagai properti saat berfoto ria.

  1. Batu Angus

Batu Angus merupakan daerah perbukitan yang ada di Jalan Batu Angus, Tobololo, Kota Ternate, Maluku Utara. Batu Angus sendiri merupakan sisa dari letusan Gunung Gamalama tahun 1673 silam. Dari letusan tersebut, terbentuklah bebatuan dari lahar panas yang mengalir. Batu-batu tersebut berbentuk seperti stalaktit hitam. Batuan hitam ini dikelilingi oleh hijaunya Gunung Gamalama yang berpadu dengan pemandangan birunya laut dari ketinggian. Jika berkunjung ke Ternate, wajib hukumnya untuk mampir destinasi wisata yang satu ini.

  1. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha memiliki pasir itam eksotis yang dekat dengan Pulau Hiri. Tempat ini juga merupakan salah satu spot diving populer di wilayah Ternate. Tak hanya pemandangan pntai serta pasr hitam nan eksotis, wisatawan juga bisa melihat pemandangan pegunungan dan pulau-pulau yang ada di seberangnya. Wisatawan yang berkunjung bisa mencoba perjalanan melintasi pulau dengan menggunakan kapal-kapal bermesin yang disediakan disana. Setelah lelah berkeliling dan mulai merasakan lapar, tak ada salahnya makan kudapan tradisionalyang biasanya dijajakan di sisi pantai oleh masyarakat sekitar.

  1. Danau Tolire

Danau yang ada di Desa Takome ini memiliki udara yang sejuk lengkap dengan air yang berwarna hijau serta pemandangan hutan yang menyejukkan. Danau Tolire terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Ternate. Di danau ini, ada sebuah kepercayaan yang berkembang. Ketika si pelempar batu melemparkan batu ke danau, maka ia tak bisa melihat ke mana batu tersebut jatuh dan juga tak bisa melihat cipratan dari jatuhnya batu. Hanya teman si pelempar yang ada di sampingnya bisa melihatnya.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id