Mobile Site

Aneka Ragam Kuliner Khas Jawa Timur Menggoda Lidah

Wisata 130 View

Aneka-Ragam-Kuliner-Khas-Jawa-Timur-Menggoda-Lidah

Rujak CIngur Surabaya (sumber gambar: rescooker.com)

Kabarmaya.co.id – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Memiliki kawasan yang lumayan luas dan terbaki atas banyak suku dan budaya, Jawa Timur tentunya menyimpan berbagai wisata budaya maupun makanan khas dari daerah amsing-masing. Meskipun Jawa Timur menjadi mayoritas daerah yang ditinggali oleh suku Jawa, namun banyak kuliner yang disuguhkan dan tentunya berbeda dari kabupaten satu dengan kabupaten lainnya.

Berlibur ke Jawa Timur tentunya tidak hanya satu wilayah saja yang ingin dikunjungi, setidaknya dalam perjalanan pasti ada tempat singgah yang menawarkan kuliner yang berbeda-beda. Misalnya saja di ibu kota provionsi, Surabaya, di kota metropolitan ini banyak tersedia berbagai macam kuliner baik masakan daerah maupun masakan manca Negara. Warungnya pun berbeda-beda, mulai dari warung biasa pinggir jalan hingga restoran besar.

Jika memilih untuk berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa sempatkan untuk menicipi kuliner yang disediakan di tiap daerah. Misalnya saja jika berkunjung ke Madiun, makanan pecel seakan menjadi primadona daerah tersebut. Namun nyatanya pecel tidak hanya ada di daerah Madiun saja, banyak pecel yang rasanya berbeda di tiap daerah. Misalnya saja pecel Kediri dengan khas sambal tumpangnya dan pecel Blitar yang khas dengan campuran rempah-rempah kencur dalam sambalnya.

Berpindah ke Surabaya, kota yang mendapat julukan Kota Pahlawan ini terkenal dengan kuliner rujak cingur. Rujak mirip seperti salad dari sayuran yang disiram dengan bumbu kacang yang dicampur petis. Tidak lupa rujak khas Surabaya mempunyai campuran bahan cingur, yaitu bagian moncong sapi atau kerbau. Kenikmatan rujak cingur inilah yang biasanya dicari para pelanciong saat hunting makanan di Surabaya.

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap makanan berkuah. Di Jawa Timur terkenaldengan masakan Rawon dan Soto. Untuk Rawon sendiri biasanya kuahnya berwarna hitam karena menggunakan kluwek untuk bumbu dasarnya. Rawon dengan kuah hitam berisikan daging sapi yang enak disantap dengan nasi hangat dan kuah yang panas. Untuk yang suka pedas, dapat menambahkan sambal pada kuah Rawon. Berbeda dengan soto, soto khas Jawa Timur umumnya berwarna kuning. Yang paling populer adalah soto Lamongan dimana ayam yang digunakan dalam racuikan soto sama sekali tidak digoreng. Sensasi menikmati soto lamongan saat hawa dingin menajdi nikmat tersendiri.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id