Mobile Site

Ketahui Bahaya Penggunaan Micin Pada Makanan

Kesehatan 2.9K View

Ketahui-Bahaya-Penggunaan-Micin-Pada-Makanan

Kabarmaya.co.idMonosodium glutamate (MSG) atau yang lebih sering disebut micin merupakan jenis penyedap makanan yang sering digunakan orang untuk membuat makanan menjadi lebih enak. Namun MSG selalu dihubungkan dengan hal yang negatif, dalam riset sendiri MSG yang berlebihan menyebabkan sistem saraf otak terganggu.

MSG sebenarnya adalah bentuk garam dari asam glutamate. Namun kenyataannya tubuh manusia secara alami sudah mempunyai asam glutamate, beberapa bahan makanan seperti tomat dan keju juga mengandung kandungan asam glutamate. Yang menajdi pertanyaan, apakah MSG aman digunakan untuk masakan yang dikonsumsi manusia?

Asam glutamate yang ada pada MSG merupakan salah satu bentuk asam amino non esensial. Artinya tubuh manusia dapat memproduksinya tanpa meminta asupan dari luar tubuh seperti makanan. Sebenarnya MSG aman digunakan pada masakan, namun dalam takaran tertentu dan pastinya tidak berlebihan.

Jika tubuh manusia mendapatkan banyak asupan MSG dari makanan yang dikonsumsi ada beberapa efek langsung yang bisa ditimbulkan. Misalnya sakit pada kepala, mengalami keringat yang berlebihan, mengalami sesak di dada, mati rasa, kesemutan, sensasi erbakar di area wajah dan leher, detak jantung kencang, nyeri dada, mual, serta badan lemas.

Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang MSG atau micin. Banyak orang yang menyebtkan bahwa MSG bisa menyebabkan terjadinya alergi, namun kenyataannya bahan-bahan yang terkandung pada MSG bukan meruakan bahan pemicu terjadinya alergi. Tentang mitos MSG dapat merusak otak, sebenarnya MSG tidak memiliki efek sampai titik tersebut jika ditakar dengan baik dalam penggunaannya.

MSG juga disebut-sebut bisa menjadi salah satu faktor pemicu obesitas, namun kenyataannya MSG tidak berhubungan dengan penambahan berat badan bahkan pada orang-orang yang menkonsumsi MSG berlebihan sekalipun.

MSG sendiri sebenarnya aman digunakan pada jumlah yang wajar. Hanya saja pada dosis yang terlalu tinggi, MSG bisa menyebabkan beberapa keluhan sehingga MSG harus dihindari penggunaannya. Disarankan untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan tanpa MSG, karena bisa jadi MSG yang dikonsumsi melebihi 6 hingga 30 kali sehari yang memungkinkan tubuh mengalami tanda-tanda kelebihan zat monosodium glutamate.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id