Mobile Site

Terlalu Banyak Duduk, Risiko Kematian Meningkat 50%

Kesehatan 175 View

Terlalu-Banyak-Duduk,-Resiko-Kematian-Meningkat-50%

Kabarmaya.co.id – Duduk bisa dibilang adalah kondisi dimana tubuh berusaha mengistirahatkan kaki yang lelah. Namun siapa sangka bahwa terlalu banyak duduk ternyata memicu penurunan kesehatan tubuh. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang duduk lebih dari 4 jam sehari akan beresiko lebih tinggi mengidap penyakit kardiovaskular.

Duduk dalam jangka waktu yang lama entah hanya untuk bersantai ataupun kerja, juga bisa mengakibatkan penyakit obesitas atau penyakit metabolik. Beberapa risiko yang ditimbulkan dari duduk terlalu lama adalah meningkatnya risiko kematian hingga 50%. Penyakit kardiovaskuler seperti nyeri dada dan serangan jantung juga kaan meningkat 125% pada orang yang duduk lebih dari 4 jam sehari.

Penyakit kardiovaskular yang terjadi karena terlalu banyak duduk berbeda dengan kardiovaskular yang disebabkan karena merokok atau hipertensi. Maka dari itu, perlu sedikit bergerak atau usahakan berdiri dan berjalan dalam beberapa menit. Gerakan sederhana setidaknya bisa membakar kalori dan memperkecil obesitas.

Terlalu lama duduk akan menurukan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Apalagi bekerja di depan komputer akan meyebabkan energi tidak banyak yang terbakar dan kalori menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan bertambahnya berat badan, hal inilah yang disebut dengan kegemukan atau obesitas. Beberapa penyaikit lain yang bisa ditimbulkan dari kebanyakan duduk adalah risiko terkena diabetes mellitus tipe 2 meningkat 112% dan 147% penyakit jantung.

Bagi yang bekerja dengan keadaan duduk, bisa menggunakan beberapa cara seperti menyiapkan camilan sehat di meja kerja. Usahakaan untuk tidak mengkonsumsi kalori agar menghambat terjadinya obesitas. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh, setidaknya minum 8 hingga 10 gelas setiap hari. Lakukan olahraga sederhana seperti naik turun tangga kantor atau mengelilingi kantor di waktu sengang. Jangan lupa untuk yang bekerja di depan komputer, atur jarak mata dengan layar agar tidak terjadi sakit kepal. Yang terakhir, dihimbau untuk selalu konsumsi makanan sehat waktu makan siang.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id