Mobile Site

Cara Menurunkan Asam Lambung Dengan Konsumsi Makanan yang Tepat

Kesehatan 10.4K View

Cara-Menurunkan-Asam-Lambung-Dengan-Konsumsi-Makanan-yang-Tepat

Kabarmaya.co.id – Naiknya asam lambung menjadi momok baru di kalangan masyarakat, terlebih bagi pelajar dan pekerja yang pola makannya tidak teratur. Asam lambung yang meningkat bisa saja disebabkan karena perut tidak menerima makanan yang tepat sehingga asam di dalam lambung tidak dapat dikenadalikan.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang biasa disebut maag merupakan peningkatan asam lambung yang terjadi pada saluran pencernaan. Asam lambung yang berlebihan kemudian akan menuju esophagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Menurut riset, GERD lebih rentan menyerang pria dari pada wanita.

Membahas tentang penyebab terjadinya GERD, harus dipahami dulu bagaimana proses masuknya makanan ke lambung melalui esophagus (rongga mulut). Ketika menelan makanan, makanan akan melewati esophagus menuju rongga lambung. Jika normal, makanan yang masuk ke dalam lambung tidak akan bisa kembali ke esophagus, namun keadaan berbeda ketika asam lambung naik karena penderita GERD dengan atau tanpa makanan akan kembali ke esophagus sehingga di bagian dada akan terasa terbakar.

Tanda-tanda terjadinya GERD selain merasakan terbakar di bagian dada yaitu merasakan nyeri dada bersamaan dengan rasa asam di mulut, kesulitan menelan, batuk kering, suara serak, sakit tenggorokan, dan atau sensasi benjolan di tenggorokan. Faktor-faktor terjadinya GEDR bisa juga dipicu dari gaya hidup buruk seperti merokok, meminum alkohol, terlalu banyak minum kopi, dan efek samping obat-obatan. Ada pula kehamilan atau kegemukan juga bisa menyebabkan GERD.

GERD sebenarnya bisa dihindari dengan gaya hidup sehat. Yaitu dengan menurunkan berat badan ideal, berhenti merokok, tidak terlalu makan banyak namun frekuensi makan lebih sering,  hindariminuman panas dan beralkohol, makan 3 jam sebelum tidur, serta menghindari obat-obatan yang dapat memberikan efek samping asam lambung naik.

Adapun makanan yang harus dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung. Makanan-makanan berikut ini jika dikonsumsi akan mengendalikan asam lambung sehingga kemungkinan terjadinya GERD sangat kecil. Pertama dengan mengkonsumsi sayuran seperti kacang hijau, brokoli, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun. Jahe yang mempunyai fungsi anti inflamasi juga menjadi terapi yang alami untuk mengobati masalah pencernaan.

Dari pada mengkonsumsi banyak nasi, disarankan untuk mengkonsumsi gandum (oatmeal) karena mengandung banyak serat. Pililah jenis buah yang tidak mengandung citrus, sebaiknya konsumsi melon, pisang, apel, dan pir untuk penderita GERD. Kemudian juga usahan memilih daging tanpa lemak, jika memilik telur sebagai lauk juga sebaiknya bagian putihnya dari pada bagian kuningnya.

Yang terakir adalah dengan menggunaan lemak sehat untukmengolah makanan sehari-hari. Misalnya alpukat, kenari, minyak zaitun, dan minyak wijen. Meinyak zaitun dan minyak wijen memang lebihmahal dari pada minyak kelapa, namun minyak zaitu mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga badan akan menjadi lebih sehat.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id