Mobile Site

Manfaat Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A Bagi Tubuh

Kesehatan 132 View

Manfaat-Mengkonsumsi-Makanan-yang-Mengandung-Vitamin-A-Bagi-Tubuh

Kabarmaya.co.id – Tubuh yang sehat tentunya membutuhkan berbagai asupan gizi yang memadai, mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, vitamin, dan masih banyak lagi zat-zatyang diperlukan untuk tubuh. Misalnya saja vitamin A, vitamin yang dikenal bisa menjaga kesehatan mata ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya untuk mata, vitamin A juga berguna untuk pertumbuhan.

Organ penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan kekebalan tubuh ikut merasakan dampak yang signifikan oleh vitamin A. Vitamin A sendiri dibagi menjadi dua jensi yaitu Retinoid yaitu vitamin A yang berasal dari produk hewani, dan Beta karoten yang merupakan vitamin A berasal dari tumbuhan.

Sifat anti oksidan yang adal dalam vitamin A dapat melindungi sel dari efek radikal bebas penyebab kanker. The American Heart Association merekomendasikan tubuh untuk mendapatkan beta karoten dari jenis makanan seperti buah dan sayuran. Usahakan untuk menjaga pola makan dengan baik dan benar supaya asupan vitamin A dalam tubuh tercukupi dengan makanan sehari-hari yang dikonsumsi.

Penggunaan suplemen tidak disarankan, namun bukan berarti tidak boleh dikonsumsi. Suplemen vitamin A bermanfaat bagi orang yang memiliki pola makan buruk atau terbatas. Orang yang mempunyai asupan tinggi vitamin A seperti penderita penyakit pankreas, sakit mata, atau campak juga dapat menggunakan suplemen. Setidaknya jumlah total kebutuhan vitamin A pada tubuh adalah 900 mcg pada pria dewasa dan 700 mcg pada wanita dewasa.

Manfaat mengkonsumsi vitamin A selain bisa untuk menjaga kesehatan mata dengan kandungan beta karoten, juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kebal terhadap penyakit kronis, mengatasi peradangan, menunjang kesehatan kulit dan pertumbuhan sel, serta membantu mencegah kanker. Perlu diketahui bahwa kekurangan viotamin A pada anak bisa menyebabkan risiko infeksi sepeeti diare dan campak.

Vitamin A sebenarnya sangat gampang untuk dicari. Yaitu denagn mengkonsumsi jenis makanan seperti hati sapi, wortel, ubi, kubis, bayam, brokoli, telur, ikan tuna, mangga, dan labu. Jika bisa rutin konsumsi jus wortel setiap pagi untuk menajga kesehatan mata, terlebih untuk pekerja yang sering berada di depan komputer.

Loading...
Tags
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id