Mobile Site

Jaga Kesehatan Gigi, Jangan Gunakan Sembarang Pasta Gigi

Kesehatan 112 View

Jaga-Kesehatan-Gigi,-Jangan-Gunakan-Sembarang-Pasta-Gigi

Kabarmaya.co.id – Banyak orang yang tidak tahu-menahu tentang kandungan yang ada dalam pasta gigi. Biasanya orang awam asal membeli pasta gigi untuk pelengkap sikat gigi untuk membersihakn daerah dalam mulut. Namun tahukan Anda sebenarnya tidak semua gigi membutuhkan pasta gigi yang sama?

Pasta gigi atau yang lebih sering disebut odol biasanya berbentuk pasta atau gel. Pasta gigi mempunyai kandunagn bahan seperti kalsium karbonat dan silicate yang ebrguna untuk mengabrasi kotoran yang menempel di gigi. Dalam pasta gigi juga disertakan perasa untuk membuat orang nyaman ketika pasta gigi ada di dalam mulut. Pasta gigi juga mengandung humektan yang berfungsi sebagai pengering, bahan pengental, dan deterjen yang membuat busa ketika menyikat gigi.

Faktanya tidak semua pasta gigi mengandung fluoride alami yang berperan melindungi gig dari asam yang dihasilkan oleh bakteri. Fluoride bekerja membuat enamel gigi menjadi lebih kuat sehingga gigi bisa bertahan dari asam bakteri yang merusak gigi dan mengambalikan kondisi gigi yang membusuuk menajdi lebih baik. Pastikan pasta gigi yang Anda beli mengandung fluoride.

Pilihlah pasta gigi sesuai kebutuhan. Untuk menghilangkan karang gigi dan plak gunakan pasta gigi yang mengandung pirosofat, zinc sitrat, serta troclosan. Pirosofat dan zinc sitrat membantu menghilangkan plak, sementara triclosan ditambahkan untuk membunuh bakteri. Pasta gigi jenis ini tidak cocok digunakan pada gigi sensitif.

Untuk gigi sensitif yang mudah terganggu dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan pasta gigi yang mengandung potassium nitrat atau stronsium klorida. Senyawa tersebut akan membantu mengembalikan kerusakan gigi akibat sensitivitas dalam kurun waku 4 minggu. Untuk mencegah gigi sensitif sikatlah gigi secara rutin dua kali sehari dengan sikat yang lembut dan pasta gii berfluoride.

Cara untuk membersihkan gigi dan menggunakan pasta gigi yang benar umumnya sama. Pertama-tama tentunya pililah pasta gigi yang sudah terdaftar pada BPOM supaya tidak ragu atas keamanan dan kegunaannya. Yang paling penting adalah dengan menyesuaikan pasta gigi Anda dengan kebutuhan gigi. Belum tentu satu pasta gigi cocok digunakan satu keluarga karena kebutuhan gigi tidak sama masing-masing orang.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id