Mobile Site

Cara Mengatasi Dengkuran Saat Tidur

Kesehatan 174 View

Cara-Mengatasi-Dengkuran-Saat-Tidur

Kabarmaya.co.id – Mendengkur adalah hal yang paling menyebalkan. Apalagi yang mendengkur adalah pasangan atau teman yang tidur bersama, niscaya Anda tidak akan bisa tidur nyeyak. Sebenarnya suara dengkuran sendiri berasal dari keadaan tubuh yang gemuk, sehingga langkah yang paling uama untuk menghilangkan mendengkur adalah menurunkan berat badan.

Suara dengkurang berasal dari udara yang mengalir di tenggorokan pada waktu bernapas saat tidur. Keadaan ini menyebabkan jaringan pada tenggorokan menajdi rileks dan bergetar sehingga menimbulkan suara yang begitu keras yang disebut dengan mendengkur. Tentunya sura yang biasanya dialami oleh kaum pria ini mengganggu orang lain, atau bahkan dirinya sendiri bisa kaget karena mendengar suara dengkurannya sendiri.

Mendengkur bisa jadi tolakukur seseorang mengalami beberapa masalah dalam tubuhnya, seperti saluran udara tersumbat, kegemukan, masalah struktur HT||THT, atau lelahnya tubuh karena kurang tidur. Pada beberapa kasus, mendengkur bisa dihasilkan pada keadaan tubuh tidur terlentang atau mengkonsumsi alkohol sebelum tidur.

Mendengkur sebenarnya bisa diatasi dengan cara terapi dan pengobatan dari dokter. Berikut ini ada beberapa solusi yang bisa digunakan bagi orang-orang yang mendengkur sangat keras saat tidur:

  • Menurunkan berat badan jika mengalami kegemukan
    Berat badan yang normal dapat mengurangi jumlah jaringan di tenggorokan yang bisa menyebabkan mendengkur. Berat badan normal dapat dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori, mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, dan berolahraga teratur setiap hari.
  • Tidur dengan posisi memiringkan badan
    Tidur terlentang terkadang menyebabkan lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan sehingga menghalangi sebagian aliran udara yang melalui tenggorokan. Tidur dengan posisi miring dapat memudahkan aliran udara.
  • Meletakkan kepala lebih tinggi ketika tidur
    Menempatkan kepala lebih tinggi dapat membantu mengurangi dengkuran dengan menjaga saluran udara tetap terbuka.
  • Mengobati alergi yang kronis
    Alergi dapat mengurangi aliran udara melalui hidung sehingga memaksa seseorang untuk bernafas melalui mulut. Kondisi ini yang menyebabkan kemungkinan seseorang mendengkur. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan yang tepat.
  • Membatasi atau menghindari konsumsi alkohol sebelum tidur
    Alkohol dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan sehingga menyebabkan mendengkur. Coba untuk tidak mengkonsumsi alkohol minimal 2 jam sebelum tidur.
  • Hindari mengonsumsi obat sedatif sebelum tidur
    Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur dapat mengurangi mendengkur.
  • Berhenti merokok
    Merokok adalah kebiasaan yang tidak sehat dan bisa memperburuk dengkuran. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan terapi untuk menghentikan kecanduan terhadap rokok.
  • Memiliki lama tidur yang sesuai dan berkualitas.

Pada dasarnya, mendengkur bisa dihilangkan dengan kebiasaan hidup sehat. Mendengkur sejatinya bisa dijadikan tolok ukur apakah seseorang itu terganggu kesehatannya atau tidak. Biasakan hidup sehat mulai dari sekarang agar Anda tidak merugikan sendiri dan orang lain saat tidur.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id