Mobile Site

Kenali Gejala Awal Timbulnya Mioma

Kesehatan 3.3K View

Kenali-Gejala-Awal-Timbulnya-Mioma

Kabarmaya.co.idMioma merupakan satu masalah yang timbul di daerah rahim wanita. Mioma pada umumya terjadi akibat lama menstruasi di usia dini, penggunaan kontrasepsi, kegemukan, kekurangan vitamin D, kelebihan mengkonsumsi daging merah, mengkonsumsi alkohol, serta kurang serat yang diperoleh dari sayuran dan buah.

Setiap wanita yang menderita mioma mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Lokasinya pun tidak sama setiap individu. Mioma pada rahim tidak memicu terjadinya kanker, namun mioma yang membesar dapat menusuk hingga ke tulang rusuk. Mioma dapat muncul dalam rahim sebanyak satu atau beberapa.

Gejala terjadinya mioma sering tidak diketahui oleh wanita, pasalnya memang mioma jarang menimbulkan sakit yang signifikan. Namun demikian ada kemungkinan gejala yang dapat timbul jika seseorang mempunyai mioma, yaitu menstruasi yang parah dan berlangsung lebih dari satu minggu, pinggul terasa nyeri akibat tekanan, sering kencing karena sulit mengosongkan kandung kemih, sembelit, serta nyeri punggung atau sakit pada bagian kaki.

Mioma berdasarkan lokasinya dibagi menajdi dua, yaitu mioma submucosa yaitu mioma yang dapat timbul di dalam rongga rahim. Yang lainnya adalah mioma subserosal yaitu mioma yang timbul di bagian  luar lahir.

Penyebab terjadinya mioma sendiri belum dijelaskan secara pasti, namun faktor seperti perubahan genetic dan hormon bisa menjadi pemicu utama. Faktor pertumbuhan lainnya juga diduga menjadi penyebab tumbuhnya mioma. Mioma rahim kemungkinan berkembang dari sel induk dalam jaringan otot halus rahim. Sel tunggal yang membelah berulang kali hingga terbentuk masa yang berbeda dari jaringan di dekatnya. Seorang wanita yang menderita mioma saat hamil bisa membesarkan ataupun mengecilkan ukuran mioma.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya mioma. Misalnya faktor keturunan dan lingkungan. Jika ibu akat usaudara perempuan memiliki mioma, maka akan lebih tinggi risikonya untuk mengidap mioma rahim. Sedangkan faktor lingkungan yang mempengaruhi adalah pola hidup yang buruh seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Untuk mengatasi mioma rahim yang menimbulkan perdarahan dan nyeri, pasti fungsi obat-obatan sangat dibutuhkan. Namun sayangnya obat-obatan tidak berpengaruh pada pertumbuhan mioma di dalam rahim. Untuk terjadinya, bisa menggunaklan alat kontrasepsi dan obat hormonal untuk menghentikan perdarahan dan nyeri di pinggul. Gonadotropin releasing hormone agonis untuk menghentikan siklus menstruasi dan dapat mengecilkan mioma. Yang terakhir adalah progestin releasing intrauterine device (IUD) dapat membantu meredakan pendarahan. IUD progestin dapat meringankan gejala namun tidak dapat mengecilkan mioma.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id