Mobile Site

Bikin Ngiler, 4 Nasi Ayam Khas Indonesia Ini Wajib Dicoba!

Wisata 97 View

Bikin-Ngiler,-4-Nasi-Ayam-Khas-Indonesia-Ini-Wajib-Dicoba!

Kabarmaya.co.idIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai jenis kuliner yang lezatnya tak kalah dengan kuliner dari negara lain. Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khas, baik yang dimasak secara tradisional dengan racikan bumbu serta rempah pilihan atau makanan yang sudah mengalami inovasi.

Salah satu yang menarik yaitu hidangan nasi ayam. Terkait dengan hal tersebut, sekarang ini memang sedang hangat diperbincangkan tentang nasi ayam khas Singapura. Namun Indonesia sendiri memiliki hidangan nasi ayam yang tak kalah dengan kuliner Singapura tersebut. Sajian nasi ayam ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, diantaranya:

  1. Nasi Ayam Semarang

Salah satu kota di Indonesia yang memiliki sajian nasi ayam lezat yaitu kota Semarang. Nasi ayam yang bisa ditemui saat pagi atau malam hari ini biasanya dijual di pusat kuliner atau tenda sederhana di pinggir jalan. Dari sekian banyak warung makan yang menyediakan hidangan nasi ayam, Nasi Ayam Bu Widodo salah satu yang terkenal di Semarang. Warung yang sudah berdiri sejak 1994 ini terletak di area kuliner Simpang Lima. Nasi ayam Semarang ini juga dilengkapi dengan tahu opor, telur rebus berbumbu, sayur labu manis dengan tambahan krecek kemudian diguyur dengan kuah opor kuning. Jika masih kurang dengan santapan tersebut, masih bisa menmabahkan lauk berupa sate telur, sate usus, opor daging paha, kepala, dada atau sayam ayam.

  1. Nasi Ayam Bali

Di daerah Ubud, mudah sekali menemukan Nasi Ayam atau mungkin yang dikenal dengan nama Nasi Bali. Di sana, Nasi Bali memang sering disebut sebagai Nasi Ayam karena menggunakan lauk serba ayam. Dari banyak warung yang menyediakan menu Nasi Ayam ini, ada Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang cukup terkenal di daerah Kedewatan. Nasi ayam ini terkenal karena rasanya yang enak serta harganya yang terbilang murah. Tempat makan ini juga merupakan salah satu tempat makan recomended bagi wisatawan asing atau lokal jika berada di Ubud. Santapan nasi ayam akan disajikan dengan ayam pelalah atau ayam yang disuwir-suwir dan diberi bumbu rempah lengkap yang sering disebut sebagai bumbu megenep. Menu nasi ayam disini memiliki citarasa yang khas berupa rasa pedas yang berasal dari cabai, rasa kunyit dan kencur yang dominan serta aroma serai yang kuat. Para pengunjung yang datang bisa menambah lauk berupa satai lilit ayam dan juga telur pindang. Sementara itu, ada beberapa pilihan sayur yang bisa ditambahkan, misalnya lawar sayur, yaitu kacang panjang yang diberi parutan kelapa. Lawar sayur ini biasanya menggunakan daging, namun ada juga lawar sayur polos yang hanya terdiri dari sayuran saja.

  1. Nasi Ayam Honje

Honje memiliki arti sebagai kecombrang. Kecombrang disini diolah dengan ayam dan berbagai bumbu hingga menghasilkan makanan yang mengunggah selera. Jika berada di Yogyakarta tentu saja bisa mencoba makanan ini di Resto Honje. Nasi ayam ini akan disajikan dengan nasi putih hangat, lauk suwiran ayam yang dipadukan dengan kecombrang serta sambal matah. Sekilas, hidangan ini mirip dengan nasi campur khas Bali. Hidangan ini biasanya juga dilengkapi dengan kuah sop, salad dan juga kerupuk. Nasi Campur Honje ini memiliki rasa yang begitu khas, sederhana namun pas. Untuk mempercantik hidangan, di tas hidangan juga ditaruh bunga kecombrang.

  1. Nasi Ayam Geprek dan Ayam Penyet

Hidangan yang satu ini mungkin lebih familiar. Hidangan ini memang sedang hits di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. meski hampir sama, dua hidangan ini memiliki sedikit perbedaan. Ayam Geprek merupakan ayam goreng tepung yang diberi sambal di atasnya kemudian digeprek atau ditekan atau mungkin juga diulek. Sajian ini bisa dibilang merupakan hidangan cepat sajik dengan cita rasa Indonesia. Ayam goreng tepung sendiri berasal dari Amerika Serikat yang kemudian ditambah dengan sambal khas Indonesia. Sementara ayam penyet merupakan hidangan ayam ungkep bumbu kuning yang diberikan sambal di bagian atasnya. Hidangan ayam penyet memiliki bumbu yang lebih kompleks dibandingkan dengan ayam geprek, karena terdiri dari berbagai bumbu serta rempah khas Nusantara, seperti kemiri, ketumbar, saun salam, lengkuas, bawang meah serta bawang putih.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id