Home Info Kesehatan Tips Cepat Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Tips Cepat Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1999
0

Cara-Hilangkan-Bau-Badan-Tak-Sedap-Dengan-Bahan-Alami

Kabarmaya.co.idBau badan adalah hal yang bisa membuat kepercaya dirian seseorang menurun. Tidak hanya mengganggu diri sendiri, kadang kala keadaan ini juga mengganggu orang lain dan lingkungan sekitar.

Bau badan biasanya dihasilkan dari keringat yang berlebih pada badan, atau bisa juga dihasilkan dari hormon tubuh yang menghasilkan bau tak sedap pada badan. Keadaan seperti ini bisa terjadi pada siapa saja baik wanita, pria, nahkan anak-anak.

Keringat yang mengandung bakteri biasanya akn muncul di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan kaki yang akhirnya menimbulkan bau tak sedap. Jadi area-area tertentu tempat berkeringat perlu menjadi perhatian.

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau badan tak seda, berikut ini ada 10 tips yang dilansir dari HarianSehat.com:

  1. Menggunakan Deodoran – Gunakan deodoran segera setelah mandi. Meskipun bukan cara yang sangat alami namun hal ini dapat dicoba. Pastikan deodoran yang digunakan memiliki kandungan antiperspirant pada area ketiak. Seperti yang dilansir dari WebMD kandungan antiperspirant bisa berguna untuk melawan keringat yang berlebih dan dapat mencegah bau badan.
  2. Pola Makan – Makanan juga bisa menjadi penyebab seseorang memiliki bau badan tak sedap. Beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau badan diantaranya, makanan yang memiliki banyak lemak, minyak dan juga makanan yang beraroma tajam seperti bawang putih. Ini bisa terjadi karena adanya pelepasan aroma yang bisa terjadi pada bagian pori-pori kulit kemudian bercampur dengan keringat. Dan kemudian akan keluar aroma tak sedap pada tubuh.
  3. Lemon – Lemon bisa menjadi bahan alami yang bisamenghilangkan bau badan. Seperti yang dilansir dari enzinearticle, lemon bisa digunakan untuk menjadikan kulit tubuh lebih wangi sehingga aroma dari lemon bisa masuk sampai pada pori-pori kulit. Selain menggosokan lemon, bisa juga dengan memeras lemon tersebut pada bagian lipatan tubuh yang umumnya menjadi tempat munculnya bau tak sedap seperti, ketiak, lipatan tangan dan juga lipatan kaki, sehingga keringat berlebih dapat ditekan produksinya.
  4. Konsumsi Rempah-rempah – Agar bau badan tidak menyengat, bisa juga mengkonsumsi rempah-rempah yang memiliki aroma harum. Contoh rempah-rempah yang memiliki aroma wangi adalah rempah daun seperti seledri, kemangi, ketumbar, rosemary, daun beluntas, kenikir, cengkeh, jahe, kayu manis, pala atau bahkan mint.
  5. Klorofil – Penggunaan klorofil juga bisa menjadi deodoran alami yang bisa bekerja dalam tubuh. Secara alami penggunaan klorofil dapat membersihkan bagian dalam tubuh dan bisa menangkal bau tak sedap. Klorofil tersedia dalam bentuk kemasan atau bisa juga dengan mengkonsumsi banyak sayuran segar berwarna hijau.
  6. Air Putih – Dehidrasi atau tubuh mengalami kekurangan cairan juga bisa membuat bau badan menjadi kurang sedap. Dengan mengkonsumsi air mineral selain mampu menggantikan cairan tubuh juga bisa membantu dalam proses detoksifikasi racun didalam tubuh.
  7. Probiotik – Orang yang memiliki gangguan pencernaan juga bisa memiliki bau badan yang tidak sedap. Cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk menguranginya bisa dengan banyak mengkonsumsi serat.
  8. Mencukur Bulu Ketiak – Selain menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menghilangkan aroma tak sedap dari badan, kebersihan dari ketiak dan bagian tubuh lainnya yang perlu dirawat misalnya dengan mencukur bulu ketiak.
  9. Selalu Keringkan Ketiak – Dengan memastikan bagian ketiak tetap dalam keadaan kering maka bakteri tidak akan bersarang pada daerah ketiak. Karena untuk berkembang biak, bakteri membutuhkan embun atau uap. Maka dari itu, dengan selalu menjaga ketiak tetap kering maka ketiak akan jauh dari berbagai bakteri dan juga bau ketiak dapat hilang.
  10. Mandi – Jika sudah melakukan berbagai aktivitas yang cukup menguras tenaga, seperti melakukan pekerjaan berat atau berolahraga sebaiknya beristirahat dahulu kemudian mandi dengan bersih menggunakan sabun antibakteri. Sehingga keringat hasil olahraga atau pekerjaan bisa terbilas bersama air ketika mandi.

Kembali lagi jika kunci dari semuanya adalah kemauan dari diri sendiri untuk hidup bersih dan sehat. Selain itu mengkonsumsi kafein dalam jumlah tinggi juga akan membuat keringat berbau tak sedap. Kurangi pengkonsumsian kafein, hal ini juga menyehatkan bagi ginjal bagi pekerja yang sering duduk dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Baca juga:

10 Daftar Makanan yang Menimbulkan Bau Mulut dan Bau Badan

Temugiring: Obat Alami Untuk Cacingan, Kegemukan dan Bau Badan

Cara Ampuh Mengatasi Bau Kaki dengan Teh

 

Loading...