Home Informasi Teknologi Ponsel Mewah Xiaomi, Mi5S Hadirkan Sidik Jari Ultrasonic

Ponsel Mewah Xiaomi, Mi5S Hadirkan Sidik Jari Ultrasonic

650
0
Xiaomi Mi5S
Xiaomi Mi5S

Kabarmaya.co.idProduk baru keluaran Xiaomi bertipe Mi5S sudah resmi dirilis pada 27 September 2016 di Tiongkok. Jenis smartphone terbaru ini menghadirkan banyak fitur yang membuat heboh pasaran smartphone, salah satunya adalah ultrasonic fingerprint scanner.

Fitur tersebut merupakan scanner sidik jari generasi ketiga yang bekerja cukup berbeda dari model kapasitif. Saat ini fitur tersebut merupakan fitur favorit yang bsa digunakan meski jari-jari penuh dengan debur atau kotoran yang lain. Fitur ini juga bisa digunakan saat tangan memiliki kelembaban yang tinggi alias berkeringat.

Pemindai sidik jari berfungsi melalui permukaan panel lainnya. Ini membuat vendor lain mulai memikirkan untuk menambahkan panel sidik jari tersembunyi di bawah layar sehingga bagian depan layar tampak bersih tanpa satupu tombol fisik atau panel sidik jari.

Sidik jari ultrasonik yang diusung prosesor Qualcom Mi5S menggunakan suara ultrasonik (seperti namanya) untuk memetakan rincian sidik jari pengguna. Untungnya pengguna tidak perlu berkali-kali menggesek di panel, cukup sentuh jari ke sensor di atas scanner sidik jari.

Untuk benar-benar menangkap rincian sidik jari secara detail dan akurat,  hardware terdiri dari kedua pemancar dan penerima. Tiap pulse ultrasonik ditransmisikan terhadap jari yang ditempatkan di atas pemindai. Beberapa pulse ini diserap dan dan memantul kembali ke sensor, tergantung bantalan jari, pori-pori dan rincian lainnya yang unik untuk setiap sidik jari pengguna.

Teknologi ini tidak  membutuhkan dukungan mikrofon untuk  mendengarkan sinyal-sinyal tersebut, melainkan  sensor yang dapat mendeteksi tiap tekanan mekanik  yang  akan digunakan untuk menghitung intensitas pulse ultrasonik pada titik-titik yang berbeda pada pemindai. Pemindaian untuk waktu yang cukup lama memungkinkan untuk kedalaman data tambahan yang akan diambil, menghasilkan reproduksi 3D yang sangat rinci dari sidik jari pengguna yang dipindai.

Xiaomi Mi5S ini sendiri tidak dibanderol dengan harga sangat mahal mengingat kualitasnya yang sudah semakin modern dalam hal teknologinya. Kabarnya, ponsel ini hanya dijual sekitar 3 hingga 4 jutaan.

Baca juga:

Harga Xiaomi Mi5S Sudah Bisa Di Cek Disini!

Tes Xiaomi MI5S Bocor, Hasilnya Bikin Merinding

Xiaomi Mi Note 2 Usung Sensor Pemindai Sidik Jari Ultrasonic

 

Loading...