Mobile Site

Ketahui Faktor Penyebab Batuk Berdarah!

Kesehatan 150 View

Ketahui-Faktor-Penyebab-Batuk-Berdarah!

Kabarmaya.co.id – Sakit batuk sangat bervariasi. Pada keadaan tertentu, batuk bisa mengeluarkan dahak atau bahkan darah. Namun batuk berdarah belum tentu menunjukkan penurunan kesehatan yang serius. Batuk berdarah terkadang hanya disebabkan oleh bronchitis kronis yang sebenarnya bisa sembuh tanpa menggunakan obat.

Batuk erat kaitannya dengan masalah paru-paru yang merupkan sumber pernapasan, termasuk juga batuk berdarah. Batuk berdarah juga bermacam-macam jenisnya tergantung dengan warna darah yang dikeluarkan saat batuk. Jika berwarna merah terang atau merah muda dan berbusa bisa dipastikan bukan kondisi yang serius.

Banyak faktor yang memicu terjadinya batuk berdarah, salah satunya adalah bronchitis kronis. Kemungkinan yang lain adalah penggunaan obat terlarang, infeksi paru, kanker paru, pneumonia, pulmonary embolism, trauma, cedera dada, dan TBC. Batuk berdarah kemungkinan juga bisa disebabkan dari perdarah di luar paru-paru atau pernapasan.

Cara mengetahui penyebab batuk berdarah bisa dengan beberapa pemeriksaan. Diantaranya adalah dengan sejarah pemeriksaan fisik yang berfungsi untuk mengidentifikasi penyebab batuk berdarah, rotgen pada bagian dada, CT scan, pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, dan tes koagulasi. Tentu saja beberapa langkah di atas tidak jauh-jauh dari pantauan dokter yang terkait.

Namun perlu diwaspadai sejak dini jenis batuh darah yang merupakan tanda-tanda penyakit serius. Misalnya tanda-tanda seperti darah dalam lendir yang terjadi seminggu dan semakin parah, nyeri pada dada, penurunan berat badan, berkeringat pada malam hari, demam lebih dari 38,5 derajat celcius, dan sesak napas pada kegiatan yang tidak terlalu berat. Jika melakukan pengobatan ke rumah sakit, orang yang mengalami gejala batuk berdarah akan dirawat terlebih dahulu di rumah sakit hingga penyebab dan kondisi pasti ditemukan.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id