Home Info Kesehatan Punya ‘Mata Panda’? Kenali Apa Saja Penyebabnya

Punya ‘Mata Panda’? Kenali Apa Saja Penyebabnya

34202
0

cara-membuat-lentik-bulu-mata-secara-alami

Kabarmaya.co.id Selama ini, lingkaran hitam di bawah mata memang identik dengan jam tidur yang kurang atau efek karena terlalu lelah. Namun demikian, ternyata ada penyebab-penyebab lain yang bisa menyebabkan terjadinya “mata panda” tersebut.

Menurut apa yang diberitakan dalam Mayoclinic, Minggu (9/10/2016), alergi ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

“Hal ini bisa terjadi karena kulit di bawah mata kita jauh lebih tipis daripada di tempat lain, jadi selain kurang lemak atau ruang, perubahan warna kulit terjadi untuk menyamarkan pembuluh darah yang menjadi melebar sebagai akibat dari alergi,” ujar kanal YouTube SciShow.

Alergi ini juga dapat bereaksi sehingga memunculkan suatu senyawa yang disebut antihistamin. Senyawa ini dapat memicu membesarnya pembuluh darah. Selain itu, efek gatal juga akan timbul sehingga Anda akan lebih sering menggosok mata dan menyebabkan mata menjadi bengkak.

Timbulnya lingkaran hitam di bawah mata umumnya dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kelelahan
  2. Alergi
  3. Keturunan
  4. Dermatitis atopik (eksim)
  5. Dermatitis kontak
  6. Penipisan kulit serta hilangnya lemak dan juga kolagen yang dapat membuat pembuluh darah menjadi kemerahan
  7. Paparan sinar matahari yang bisa menghasilkan banyak melanin, suatu pigmen untuk memberikan warna pada kulit
  8. Penyimpangan pigmentasi

Selain sembilan penyebab yang telah disebutkan, ternyata hidung yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab “mata panda”. Dikutip dari Mirror, saat hidung Anda tersumbat vena yang biasanya mengalir dari mata ke hidung akan berubah melebar dan lebih gelap.

Baca juga:

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Mata

Cara Mengobati Iritasi Mata Merah Karena Debu

Bermasalah Dengan Kantung Mata Bengkak? Ini Cara Mengatasinya!

 

Loading...