Home Informasi Travel Simak 5 Fakta Unik Kalibiru, Sungai Jernih di Pedalaman Raja Ampat

Simak 5 Fakta Unik Kalibiru, Sungai Jernih di Pedalaman Raja Ampat

1393
0
Kalibiru Raja Ampat
Kalibiru Raja Ampat

Kabarmaya.co.id Raja ampat, siapa yang tak pernah mendengar destinasi wisata di daerah timur Indonesia ini. Hampir seluruh traveller, terutama asal Indonesia pasti menginginkan untuk bisa sampai di tempat itu. Terlebih, disana terdapat sebuah sungai yang begitu fenomenal karena kejernihan yang dihadirkannya.

Berikut merupakan 5 fakta unik Kalibiru yang dikutip dari DetikTravel.com, Selasa (25/10/2016).

  1. Terletak di pedalaman Raja Ampat

Kalibiru merupakan sebuah sungai yang terletak di pedalaman hutan Raja Ampat. Sungai ini terkenal dengan kejernihannya karena terbilang masih jauh dari sentuhan tangan manusia. Total waktu yang diperlukan untuk bisa sampai ke Kalibiru yaitu sekitar 1,5 jam. Dimulai dengan perjalanan 1 jam menaiki speedboat menuju Kampung Warsadim, Teluk Mayalibit dari Waisai. Setelah menyandarkan speedboat ditempat yang disediakan, perjalanan dilanjutkan dengan tracking sekitar 30 menit untuk masuk ke hutan.

  1. Airnya jernih berwarna biru

Nama Kalibiru sendiri bukan tanpa alasan dipakai. Sungai tersebut disebut Kalibiru karena warna air sungai yang terlihat biru jernih alami. Sebenarnya, orang Papua menyebutnya dengan Warabiae, yang juga memiliki arti sama yaitu sungai yang memiliki warna biru jernih.

  1. Bisa melihat hingga ke dasar sungai

Karena kejernihannya, saat Anda mencoba menyelam atau sekedar melihat dari permukaan, maka bebatuan yang ada di dasar pun akan ikut terlihat, walau hanya dengan mata telanjang. Selain itu, Kalibiru juga terkenal dengan airnya yang sangat tenang. Dengan ketenangan airnya tersebut, Anda sampai bisa melihat kedalaman sungai ini. Menurut sumber, Kalibiru memiliki kedalaman sekitar 5 meter, bahkan lebih.

Yang menggembirakan, Anda bisa berenang di Kalibiru dengan catatan tetap menjaga kelestarian serta tidak mencemari sungai tersebut.

  1. Memiliki air sedingin es

Selain hadir dengan kejernihannya, ada fakta unik lain yang disimpan di Kalibiru. Sungai ini ternyata memiliki suhu sekitar 10-20 derajat celcius atau hampir sama dengan suhu air saat dimasukkan ke lemari pendingin.

Disamping itu, karena berasal dari sumber mata air pegunungan, Anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung.

  1. Punya 2 suhu di bagian muara

Fakta unik terakhir yang berhasil disimpulkan yaitu masih seputar suhu yang dimiliki oleh sungai ini. di bagian muara, Kalibiru terbelah menjadi dua percabangan. Cabang yang satu memiliki air yang agak hangat karena terpapar sinar matahari. Sedangkan bagian lainnya tetap memiliki air sedingin es karena tak tersentuh oleh sinar matahari.

Baca juga:

Keindahan Pantai Peh Pulo Blitar Terkenal Sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur

Raja Ampat ‘Amazon Lautan Dunia’ Di Ujung Timur Indonesia

Ini Referensi Destinasi Wisata Libur Lebaran di Jawa Timur

 

Loading...