Home Berita Daftar Film Terbaru Waspada, Film Minions Berpotensi Ajarkan Hal Buruk Pada Anak

Waspada, Film Minions Berpotensi Ajarkan Hal Buruk Pada Anak

1141
0

Waspada-Film-Minions-Berpotensi-Ajarkan-Hal-Buruk-Pada-Anak

Kabarmaya.com – Munculnya film terbaru Minions mejadi topik terhangat akhir-akhir ini. Tidak hanya di Indonesia, di Negara lain pun Minions juga memiliki kepopuleran yang luar biasa. Makhluk berwarna kuning berbentuk seperti kapsul ini telah mampu membuat penontonnya jatuh hati.

Namun ada temuan baru yang menyebutkan bahwa film Minions berpotensi mengajarkan hal buruk kepada anak. Hal ini dikarenakan penggemar berat Minions mayoritas adalah anak-anak yang suka dengan tokoh dan karakter kartun.

Ada beberapa alasan dari seorang Psikolog, Astrid Wen, mengapa Minions berdampak sedikit negatif ke otak anak-anak. Salah satunya adalah mengajarkan tentang kejahatan. Karena dalam film terbarunya Minions menyatakan bahwa menjadi jahat itu adalah hal yang menyenangkan.

“Ada banyak adegan yang berbahaya bila diserap oleh anak. Misalnya ada satu keluarga yang jahat semua. Kemudian, ada satu tagline yang sempat dikatakan tokoh Scarlett, Doesn’t It Feel So Good to Be Bad? Kalimat ini akan menempel pada anak yang tidak memiliki pengetahuan cukup dari orang tua dan belum bisa membedakan mana baik dan jahat,” kata Astrid yang dikutip dari Liputan6.com, Rabu (1/7).

Anak-anak diperbolehkan menikmati tayangan film tersebut, hanya saja dengan catatan harus didampingi dengan orang tua yang mampu mengarahkan pola pikirnya. Di Amerika saja sudah diterapkan sistem seperti ini.

Selain kejahatan, di film Minions juga banyak adegan bullying. Bagi orang dewasa mungkin sudah bisa mencerna kalimat-kalimat bullying, namun bagi anak-anak ini merupakan contoh yang tidak baik sehingga bisa mempengaruhi otak anak menjadi negatif.

“Kembali ke orang tua, apakah film ini mendidik?Apakah tidak ada cara lain untuk menyalurkan energi negatif,” kata Astrid.

Menurut Astrid tidak ada nilai positif yang bisa diambil dari film tersebut. Minions memang mengajarkan sikap setia kepada teman, namun kembali ke kehidupan nyata bahwa tidak semuanya teman itu bersikap baik kepada kita.

“Minions tidak pernah menolak perintah bos. Anda bisa mengatakan pada anak, lantas kalau orang tua menyuruh untuk melakukan sesuatu yang jahat kamu lakuin ngga. Darisitu, orang tua akan tahu bagaimana anak menyerap isi film tersebut. Kita juga bisa lihat model  critical thinking-nya. Itulah pentingnya mendampingi anak saat menonton,” pungkasnya.

Loading...