Home Info Kesehatan Malas Berolahraga? Ternyata Ini Penyebabnya!

Malas Berolahraga? Ternyata Ini Penyebabnya!

697
0
Pola hidup tak sehat menjadi salah satu faktor malah berolahraga
Pola hidup tak sehat menjadi salah satu faktor malah berolahraga

Kabarmaya.co.id – Mempunyai pola hidup yang sehat adalah suatu impian yang diidamkan banyak orang. Namun nyatanya dalam praktek tidak semudah yang dibayangkan. Pola hidup sehat yang identik dengan olahraga terkadang sulit dimulai karena malas.

Memulai kegiatan olahraga rutin menjadi hal yang sulit bagi orang yang tidak terbiasa berolahraga. Olahraga ringan seperti jalan santai ataupun lari bahkan akan terasa berat jika rasa malas sudah melanda.

Dilansir dari Health, sebuah penelitian dalam jurnal PLoS Genetics melibatkan 23 orang responden. Salah satu kaki mereka, dilatih untuk menendang dan mengayuh pedal sepeda selama 45 menit selama empat kali sepekan dalam waktu tiga bulan. Selanjutnya, mereka diminta berhenti dari olahraga selama sembilan bulan.

Berita Terbaru : 5 Olahraga yang Buruk Bagi Penderita Sakit Punggung

Penelitian tersebut bertujuan untuk memperhatikan otot biopsi sebelum dan sesudah latihan. Hasilnya, lebih dari 3000 gen berubah setelah seseorang berolahraga. Namun setelah istirahat dari olahraga, gen tidak mengalami perubahan yang siginifikan pada kaki yang dilatih dan tidak dilatih.

“Kita tidak melihat perbedaan pada tingkat aktivitas gen. Kebanyakan dari efek tersebut hilang selama satu atau dua bulan absen latihan,” papar Malene Lindholm dari Karolinska Institutet di Swedia.

Sementara, sebanyak 12 responden dalam penelitian ini melatih kedua kaki mereka dan ditemukan adanya perubahan aktivitas genetik dari dua kaki yang terlatih. Namun, kaki yang menjalani latihan sembilan bulan lebih awal, tidak memiliki perbedaan yang besar dibandingkan kaki yang baru dilatih.

“Kami memang melihat beberapa perbedaan respons, tapi otot kaki yang terlatih tidak memiliki memori yang kuat,” pungkasnya.

Kesimpulan dari penuturan penelitian di atas adalah sebagai berikut: olahraga bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan instan tanpa adanya persiapan (pemanasan). Olahraga rutin lebih disarankan dari pada hanya berolahraga waktu dibutuhkan saja.

Berita Terbaru : Menilik Makanan Terbaik Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Loading...