Home Info Kesehatan Telinga Gatal? Hilangkan Dengan Cara Berikut Ini!

Telinga Gatal? Hilangkan Dengan Cara Berikut Ini!

1561
0

telinga-gatal-hilangkan-dengan-cara-berikut-ini

Kabarmaya.co.id – Telinga merupakan bagian dari tubuh yang cukup sensitif. Saluran pada telinga tersambung kepada saluran hidung dan tenggorokan yang menyebabkan ketika telinga terserang penyakit, hidung dan tenggorokan ikut terpengaruh.

Beberapa penyakit yang menyerang bagian telinga bisa disebabkan oleh kotoran, infeksi, atau bahkan alergi yang membuat gatal area telinga. Biasanya jika saluran telinga tersumbat oleh kotoran, orang hanya membersihkannya dengan alat pembersih seperti cotton buds.

Namun sebenarnya penggunaan cotton buds tidak disarankan oleh para ahli. Hal ini dikarenakan kegiatan itu bisa membuat telinga kering dan memperburuk rasa gatal di lubang telinga. Bahkan efek parahnya, hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada telinga hingga ketulian.

Dibutuhkan spesialis THT untuk mengerti apa yang terjadi pada telinga ketika alat pendengaran tersbeut merasa gatal. Namun ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan agar rasa gatal menghilang. Dilansir dari Boldsky, Jumat (21/10/2016), berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan rasa gatal di telinga:

  1. Minyak zaitun hangat – Pengobatan alami ini banyak digunakan untuk mendapatkan bantuan dari masalah telinga. Pastikan untuk menghangatkan minyak zaitun, tapi jangan terlalu panas. Caranya adalah dengan menempelkan kain yang sudah diberikan minyak zaitun hangat di luar telinga. Niscaya ini akan mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan pada telinga.
  2. Air hangat dengan alkohol – Campuran air dan alkohol ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan rasa gatal pada telinga. Campuran air dan alkohol biasanya disemprotkan menggunakan jarum suntik ke dalam telinga yang merasa gatal. Hal ini bisa mengurangi rasa gatal sekaligus membersihkan lubang telinga dari kotoran.
  3. Cuka putih – Cuka putih diyakini dapat memberikan bantuan dari masalah telinga yang menjengkelkan. Obat ini dapat memberikan bantuan instan dari gatal, dan mencegah berulang ke depannya. Sama seperti memberikan larutan air dan alkohol, gunakan jarum suntik untuk menyemprotkan cuka putih ke saluran telinga.
  4. Gel lidah buaya – Gel lidah biaya yang dikenal untuk perawatan rambut ternyata bisa digunakan untuk mengobati rasa gatal pada telinga. Teteskan gel lidah buaya pada saluran telinga, maka rasa gatal akan berkurang.
  5. Hidrogen peroksida – Zat ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada telinga karena bisa melelehkan kotoran yang menumpuk di dalam telinga. Sebelumnya, campurkan terlebih dahulu beberapa tetes hidrogen peroksida dengan air. Kemudian teteskan ke dalam telinga.

Cara di atas merupakan cara simple yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Setidaknya cara ini lebih aman dari pada membersihkan kotoran telinga penyebab gatal dengan menggunakan cotton buds.

Baca juga:

Manfaat Konsumsi Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan

5 Manfaat Dibalik Teh Celup Hitam Bekas

Manfaat Buah Melon Untuk Diet Hingga Pencegah Kanker

 

Loading...