Home Info Kesehatan Tips Mudah Atasi Hipertensi dengan Meditasi

Tips Mudah Atasi Hipertensi dengan Meditasi

583
0

tips-mudah-atasi-hipertensi-dengan-meditasi

Kabarmaya.co.id – Awal dari beragam masalah organ dalam tubuh adalah terjadinya hipertensi atau darah tinggi. Misalnya saja penyakit stroke yang identik dengan tekanan darah tinggi. Stroke merupakan penyakit yang menjadi momok setiap orang. Sebagian tubuh akan mengalami lumpuh karena gangguan syaraf.

Banyak orang mengantisipasi terjadinya hipertensi penyebab stroke dengan melakukan beberapa diet sehat serta olahraga. Namun kenyataannya pola hidup sehat seperti itu merupakan hal sulit bagi sebagian besar orang.

Melakukan diet makanan dan olahraga teratur memang terbukti menurunkan hipertensi dengan cepat. Namun sebuah riset dari American Heart Association menemukan cara mudah untuk menurunkan hipertensi tanpa olahraga keras dan mengkonsumsi obat-obatan.

Dari penelitian tersebut, orang tidak perlu mengubah pola makanan yang dikonsumsi setiap hari. Menurut peneliti studi Robert Brook dari University of Michigan, beberapa metode yang dapat menurunkan hipertensi seperti olahraga dan diet rendah garam mungkin agak sulit diikuti oleh beberapa orang.  Sehingga, mereka pun kesulitan menurunkan tekanan darahnya.

Dilansir dari Prevention, Jumat (21/10/2016), penggunaan obat alternatif lebih dianjurkan dari pada mengkonsumsi obat kimia dari dokter. Ada tiga cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan hipertensi dengan cepat seperti di bawah ini:

  1. Melatih genggaman dengan “handgrip isometrik”. Ini dilakukan seperti menekan bola stres yang kenyal. Selain bisa meredakan stres, latihan genggaman ini bisa meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk lebih santai. Cobalah untuk berlatih dengan cara dua kali meremas kemudian lepaskan, dan istirahat selama beberapa menit. Ulangi cara ini tiga kali dalam seminggu.
  2. Menarik napas yang dalam secara perlahan kemudian mengeluarkannya. Ini bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga memudahkan darah mengalir dan menurunkan tekanan. Cobalah untuk melatih pernapasan ini selama dua menit saat Anda sedang bersantai.
  3. Melakukan olahraga ringan seperti meditasi. Meski peneliti tidak mengetahui alasan meditasi dapat menurunkan tekanan darah, tapi peneliti berpikir bahwa meditasi dapat mengurangi stres yang mampu menyeimbangkan sistem saraf otonom yang bertanggungjawab membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap normal.

Hipertensi bisa disebabkan oleh faktor eksternal seperti maslaah yang membuat otak berfikir keras. Otak yang terbebani akan sulit berkonsentrasi sehingga tekanan darah ikut naik. Meditasi merupakan salah satu cara ambuh untuk mendapatkan konsentrasi penuh. Cara ini berkhasiat untuk melepas penat, menjauhkan hipertensi, dan mengurangi penyebab gejala stroke.

Baca juga:

Tips Mudah Cegah Datangnya Hipertensi

10 Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggi Kalori dan Gula, Jangan Konsumsi 3 Buah ini Secara Berlebih

Loading...