Home Info Kesehatan Stres di Kantor? Kurangi Dengan 5 Kegiatan Ini

Stres di Kantor? Kurangi Dengan 5 Kegiatan Ini

608
0

5-Cara-Sederhana-Hilangkan-Stres

Kabarmaya.co.id Sudah menjadi rahasia umum jika stres dapat memicu menurunnya kesehatan fisik maupun mental seseorang. Stres juga bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

Kantor bisa jadi salah satu tempat dimana stres sering muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti apa yang disarankan oleh salah seorang psikoterapis, Amy Morin melalui Forbes.

  1. Bayangkan tempat menyenangkan

Stres ternyata dapat dikurangi dengan membayangkan jika Anda sedang berada di tempat yang menyenangkan. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal menutup mata sembari membayangkan sedang berada di tempat favorit Anda untuk beberapa detik. Ketika sedang memikirkannya, Anda sebaiknya melibatkan semua indera.

  1. Lenturkan otot

Akibat stres, otot–otot pada tubuh dapat menjadi tegang. Untuk menjadi rileks, ada baiknya mencoba melemaskan otot tubuh, yang bisa dimulai dari jempol kaki hingga leher.

  1. Tertawa

Cara terbaik untuk mengurangi stres yaitu dengan tertawa. Dengan tertawa, rangsangan sirkulasi akan terjadi secara optimal sehingga rasa tegang serta stres dapat berkurang karena produksi endorfin menjadi meningkat dan perasaan rileks akan menghampiri Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi diri Anda hal-hal atau benda yang bisa membuat  diri Anda tertawa bahagia, misalnya film kartun atau sekedar buku humor.

  1. Mendengarkan musik

Musik ternyata juga bisa digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stres. Melibatkan indera pada tubuh, termasuk indera pendengaran bisa memfokuskan kembali perhatian Anda sehingga rasa khawatir dan stres dapat dikurangi.

  1. Tarik napas dalam-dalam

Menurut The American Institute of Stress, teknik bernapas ternyata bisa mengurangi stres yang Anda alami. Pasokan oksigen menuju otak dapat ditingkatkan dengan menarik napas dalam-dalam, sehingga Anda akan merasa tenang. Untuk melepaskan rasa stres yang Anda alami, Anda bisa menggabungkan beberapa teknik pernapasan yang ada.

Baca juga:

Cara Hadapi Stres Dengan Melatih Mental

Tips Mudah Atasi Hipertensi dengan Meditasi

 

Loading...