Home Info Kesehatan Atasi Kekurangan Gizi Pada Anak Dengan Konsumsi Ubi Jalar

Atasi Kekurangan Gizi Pada Anak Dengan Konsumsi Ubi Jalar

1263
0

atasi-kegurangan-gizi-pada-anak-dengan-konsumsi-ubi-jalar

Kabarmaya.co.idGizi buruk banyak terjadi pada anak-anak, khususnya untuk anak-anak Afrika. Melihat keprihatianan yang ada di Benua kulit hitam tersebut, para ilmuan mencoba menemukan makanan untuk memenuhi gizi mereka.

Akhirnya para ilmuan mencoba menanam ubi jalar tipe khusus untuk meberikan vitamin kepada anak-anak Afrika. Kini ubi jalar jenis tersebut tengah dikembangkan di daerah Afrika Timur, tepatnya di Uganda.

Salah satu penyebab terjadinya gizi buruk adalah kekurangan vitamin A yang diterima oleh tubuh. Bahkan keadaan ini bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu ini menjadi masalah yang serius bagi Afrika.

Dilansir dari laman BBC, Jumat (21/10/2016), anak-anak yang terserang kondisi gizi buruk kemungkinan akan mengalami kebutaan, atau memiliki pertumbuhan yang lamban. Kondisi seperti ini bahkan mempengaruhi sebanyak 43 juta anak di seluruh Benua.

Penggunaan ubi jalar yang diperlukan untuk memperbaiki gizi buruk bukanlah ubi jalar semabarangan. Ini adalah ubi jalar dengan buah warna oranye yang kaya pigmen warna disebut beta-karoten, penting dalam mencegah kekurangan vitamin A. Ubi ini bukan asli Afrika, untuk itu para ilmuwan Uganda menggunakan teknik biofortifikasi untuk meningkatkan ketersediaan ubi tersebut.

“Hal yang kita sukai tentang kentang oranye ini adalah ketika kita makan, tidak sering jatuh sakit. Kami tetap sehat, bahkan kulit terlihat baik. Untuk yang muda dan tua memiliki hasil yang sama tingginya, sehingga kami dapat makan banyak. Dan tidak kelaparan lagi,” kata Agnes Kalya, petani berusia 45 tahun yang menanam ubi jalar sejak tahun 2007 lalu.

Penemuan ini selanjutnya diakui dunia dan diharapkan bisa meningkatkan kualitas, kuantitas, dan ketersediaan pangan di dunia internasional.

Baca juga:

Daun Ubi Sumber Vitamin B6!

Ini Makanan Yang Bakal Bikin Otak Lebih Oke

 

Loading...