Home Informasi Travel Aek Limut, Salah Satu Destinasi Air Terjun di Tanah Batak

Aek Limut, Salah Satu Destinasi Air Terjun di Tanah Batak

1302
0

aek-limut-salah-satu-destinasi-air-terjun-di-tanah-batak

Kabarmaya.co.id Aek Limut merupakan salah satu air terjun menawan yang ada di Sumatera Utara. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke tanah Batak, sudah barang tentu harus menyisihkan waktu untuk sekedar melepas penat dan menikmati sejuknya  air terjun menawan tersebut.

Ngarai Sigura-gura atau yang juga dikenal dengan nama Lembah Asahan merupakan sebuah kawasan yang memiliki banyak air terjun. Namun demikian, hanya beberapa yang sudah terkelola dan dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya yaitu air terjun Aek Limut. Air terjun ini terletak di Parhitean, Kecamatan Meranti Utara, Kabupaten Tobasa.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke air terjun ini, tak perlu melakukan tracking berat. Hal tersebut lantaran, Aek Limut berada di pinggir jalan lintas yang menghubungkan Porsea di Toba Samosir dengan Kabupaten Asahan.

Ngarai Sigura Gura
Ngarai Sigura Gura

Selain terbilang mudah untuk sampai ke kawasan wisata ini, air terjun Aek Limut juga terkenal dengan kejernihan serta kesegaran air yang jatuh dari tebing batu setinggi 70 meter-nya. Di bawah air terjun juga terdapat kolam alami dangkal yang memungkinkan Anda untuk berenang di dalamnya. Selain itu, Anda yang ingin berbasah-basahan juga bisa langsung merasakan sensasi air hujan yang berasal dari air terjun tersebut.

Seperti air terjun kebanyakan, banyak terdapat batu besar disekeliling air terjun yang makin menambah keindahan Aek Limut. Air dari Aek Limut sendiri akan mengalir ke sungai Asahan yang terletak sekitar 15 meter dari air terjun ini.

Sedangkan fasilitas yang dimiliki oleh air terjun Aek Limut sendiri terdiri dari pamflet nama air terjun, lokasi parkir, warung yang menjual makanan serta kamar mandi. Untuk bisa masuk ke kawasan air terjun tersebut, Anda dibebaskan dari biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp 5000 per sepeda motor.

Baca juga:

Air Terjun Madakaripura Wisata Alam Legendaris Bernilai Sejarah Tinggi

Keren, Bali Masuk Dalam Daftar Pulau Terbaik di Dunia!

Dataran Tinggi Dieng, Negeri Diatas Awan, Pemikat Hati Wisatawan

 

Loading...