Mobile Site

Sebelum Menikmati Teh, Perhatikan 4 Hal Penting Ini!

Wisata 100 View

Tips-Pilih-Teh-Sesuai-‘Mood’

Kabarmaya.co.idMenyinggung perihal teh, tentu setiap orang ingin menikmati salah satu minuman berkafein ini dengan sensasi serta cita rasa yang bebeda. Begitupun cara, tentu penikmat teh ini ingin tau cara yang benar dalam menikmatinya. Akan tetapi, sebelum menikmati minuman ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut 4 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menikmatinya.

  1. Kualitas Teh

Seorang konsultan teh, certified tea specialist dan tea sommelier bernama Ratna Somantri mengatakan jika setiap teh memiliki kualitas yang berbeda, sama halnya seperti kopi. Misalnya, Anda bisa memperoleh rasa yang lebih manis dan gurih dari teh yang berasal dari daun muda dan tak banyak terpapar sinar matahari. Sedangkan rasa pahit biasanya berasal dari daun teh tua. Kualitas rasa juga dipengaruhi oleh darimana daun teh tersebut berasal. Teh yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia, cenderung memiliki rasa sepet.

  1. Cara Menyeduh Teh

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya yaitu cara menyeduh teh. Sama halnya dengan menyeduh kopi, menyeduh teh ternyata juga harus disesuaikan dengan jenisnya. Misalnya teh hijau, yang cara penyeduhannya bisa menggunakan air panas dengan suhu 70 hingga 80 derajat celcius. Sedangkan teh hitam bisa menggunakan suhu yang lebih tinggi, sekitar 90 derajat celcius. Menurut Ratna, jika menyeduh teh dengan suhu yang terlalu tinggi maka daun bisa pecah sehingga rasa akan menjadi pahit. Sementara itu, untuk teh hijau dalam bentuk daun, dapat diseduh maksimal 2-3 menit. Sedangkan yang berbentuk celup maksimal hanya 2 menit.

  1. Penyajian Teh

Saat menyajikan teh, sebaiknya tidak menggunakan tempat atau wadah yang terlalu besar sehingga Anda bisa mendapatkan cita rasa terbaik. Selain itu, jangan terlalu lama mendiamkan teh dan membiarkannya bertambah pekat. Perlu diperhatikan pula, bila Anda mengkonsumsi teh celup dengan kantong teh kertas, maka sebaiknya hanya dikonsumsi sebanyak satu kali. Namun jika menggunakan kantong nylon, maka Anda bisa menggunakannya lebih dari satu kali.

  1. Penyimpanan Teh

Penyimpanan teh juga menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan tentang teh. Agar aroma khas teh tidak hilang, tutup rapat wadah terh tersebut. Jika menggunakan wadah bukan kaca, tutup rapat wadah tersebut agar warnanya tidak berubah. Ratna kemudian juga mengatakan jika teh sebenarnya memiliki daya tahan cukup lama. Selama aroma masih tercium dan terasa, dan selama teh tidak berjamur, teh tersebut masih layak untuk dikonsumsi. Terakhir Ratna juga menyarankan, karena lebih mudah rusak jika dibandingkan teh hitam, maka khusus teh hijau terutama yang berasal dari China dan Jepang, penyimpanannya sebaiknya di taruh di lemari es cukup di chiller-nya.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id