Home Informasi Travel 5 Destinasi Wisata Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Traveller

5 Destinasi Wisata Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Traveller

1373
0
Pantai Ora Maluku
Pantai Ora Maluku

Kabarmaya.co.id Indonesia memang sudah terkenal akan keindahan dan kekayaan alamnya. Tak hanya di dalam Negeri, tapi ke-eksotisan Indonesia sudah melenggang hingga ke mancanegara. Dari rangkaian tempat-tempat wisata yang tersuguh, setidaknya ada lima lokasi yang selalu ada di bucket list para traveler. Berikut ulasan singkatnya.

  1. Kepulauan Kei dan Pantai Ora (Maluku)

Kepulauan Kei (Maluku Tenggara) dan Pantai Ora (Pulau Seram) memang terkenal dengan panorama indah khas pantai.

Sudah menjadi rahasia umum jika Kepulauan Kei begitu eksotis dengan dukungan pasir putih halus serta air laut yang begitu bening. Selain itu, kepulauan ini juga memiliki sebuah ikon, yaitu Ngurtafur, sand bar sepanjang 12 km yang hanya terlihat saat air laut surut.

Kepulauan Kei
Kepulauan Kei

Sedangkan untuk Pantai Ora yang ada di Pulau Seram, wisatawan biasanya mengintai kegiatan snorkeling karena pantai ini memiliki air bening dan keindahan bawah laut yang begitu mempesona.

  1. Gorontalo (Sulawesi Utara)
Wisata Gorontalo
Wisata Gorontalo

Di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pengalaman unik serta menarik yang jarang didapat di tempat wisata yang lain. Tepatnya di desa Botubarani, Bone Bolango, Gorontalo, Anda akan bisa melihat mamalia raksasa yang ramah, yaitu hiu paus. Untuk mencapai di tempat yang dimaksud, Anda tinggal menaiki perahu dayung selama lima menit dari daratan. Hiu paus ini terbilang ramah dan takut manusia, sehingga Anda bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Hanya saja, Anda tetap harus waspada, terlebih saat mengambil foto. Jangan sampai menyemtuh atau menggunakan flash agar hiu paus tersebut tak merasa terganggu.

  1. Kepulauan Derawan

Selain daerah Timur, surga bawah laut ternyata juga ada di pulau Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebut saja Kepulauan Derawan. di kepulauan tersebut, setidaknya ada tiga deretan pulau yang sudah tersohor akan keindahannya, yaitu Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Derawan. Selain itu, ada lagi fenomena alam yang menarik, yaitu Gusung Pasir, dimana pulau ini hanya muncul ketika air laut sedang surut.

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan

Di Pulau Kakaban, Anda bisa menemukan sebuah danau  yang berisi ubur-ubur yang tak menyengat. Disana, Anda bisa berenang bersama ubur-ubur tersebut. Sedangkan di Maratua, kegiatan snorkling dan diving akan terasa sangat menasyikkan, karena Anda akan disuguhi pemandangan terumbu karang serta penyu yang berenang hilir mudik. Penyu-penyu ini juga bisa Anda temukan di Pulau Sangalaki, karena pulau ini kebetulan juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Selain penyu, Sangalaki juga merupakan hot spot bagi para penggemar diving untuk menyaksikan keelokan pari manta.

  1. Taman Nasional Komodo (Nusa Tenggara Timur)

Di kawasan ini, Anda akan menemukan hewan langka di dunia, tepatnya di Pulau Komodo. Selain Komodo, di pulau ini juga tersuguh pantai pink yang begitu mempesona. Jika Anda beruntung, Anda bisa berfoto dengan background pasir pantai yang berwarna pink pekat.

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Selain itu ada pula Pulau Padar yang kebetulan sering muncul di media sosial Instagram. Dari puncak akan terlihat air laut berwarna biru yang juga mengapit bukit-bukit tandus berwarna kecoklatan. Pemandangan akan makin mempesona apabila Anda berfoto saat matahari terbit maupun terbenam.

  1. Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Salah satu destinasi wisata yang hampir-hampir seluruh traveller ingin mengunjunginya, Raja Ampat. Kepulauan yang ada di Papua Barat ini memang sudah terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Namun keindahan daratan yang ada di kawasan ini juga tak kalah menawan. Anda bisa menyaksikan ratusan pulau berselimut tanaman hijau dengan air berwarna zamrud yang mengelilinginya, dari ketinggian tertentu. Pemandangan ini juga merupakan ikonik Raja Ampat.

Raja Ampat
Raja Ampat

Sementara itu, pecinta snorkling dan diving pasti tak meragukan apa yang ada di bawah laut Raja Ampat. Airnya yang jernih akan memanjakan mata Anda. Belum lagi, Anda juga akan disuguhkan dengan kenampakan pari manta yang jarang bisa ditemui.

Untuk sampai ke sana, memnag memerlukan budget yang agak tebal. Anda bisa menggunakan pesawat terbang tujuan Sorong kemudian dilanjutkan dengan perjalanan kapal feri ke pulau yang ingin Anda tuju. Bisa ke Pulau Waigeo, Wayag atau Misool dan Pulau lainnya.

Baca juga:

Kuliner Nusantara: Pempek Jadi Makanan Indonesia yang Berjaya di Qatar

7 Daftar Oleh-Oleh Kuliner Khas Aceh

Gethuk Jadi Duta Kuliner Magelang

 

Loading...