Home Info Kesehatan Bibir Sering Pecah-Pecah, Hindari Faktor Penyebabnya!

Bibir Sering Pecah-Pecah, Hindari Faktor Penyebabnya!

576
0

Ingin-Bibir-Lembap-Lebih-Lama-Ini-Rahasianya

Kabarmaya.co.id Memilik bibir pecah-pecah pastinya tidak akan nyaman baik untuk kesehatan dan penampilan. Bagi wanita khususnya, bbir pecah-pecah tidak akan bisa sempurna ketika menggunakan lipstick ataupun lipbalm.

Kondisi bibir pecah-pecah dibagi dalam beberapa tahapan, tahap parah bisa menyebabkan bibir mengeluarkan darah. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi bibir pecah-pecah. Untuk menghindarinya, perlu dketahui penyebabnya agar bibir pecah-pecah bisa dikurangi ataupun dihindari.

Masalah utama bibir pecah-pecah adalah dehidrasi, namun di luar itu masih ada banyak hal yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Dikutip dari laman Bustle, Minggu (23/10/2016), berikut adalah faktor penyebabnya:

  1. Menjilat bibir – Kebiasaan ini biasanya dilakukan agar bibir selalu lembab. Namun faktanya bibir justru akan mengering karena fungsi air liur itu sendiri adalah membantu makanan lebih mudah dicerna usus bukannya untuk melembabkan bibir. Dari pada menggunakan air liur untuk membasahi bibir lebih baik menggunakan lip balm.
  2. Infeksi jamur – Bibir pecah-pecah terutama pada bagian pinggir bibir ini bisa jadi disebabkan oleh adanya jamur. “Di kulit kita ada banyak jamur. Bisa jadi kalau bibir pecah-pecah itu artinya produksi jamur berlebihan,” kata dokter spesialis kulit, Shawn Allen. Jamur bisa tumbuh berlebih dari air liur di sekitar bibir. Oleh karena itu Allen mengingatkan untuk menghindari membasahi bibir dengan air liur dan memperbanyak minum air putih.
  3. Alergi – Alergi bisa berpengaruh pada kulit bibir saat tubuh mendapatkan alergen. Misalnya saja alergi terhadap sentuhan ataupun bisa alergi terhadap makanan.
  4. paparan sinar matahari – Sinar matahari mungkin baik untuk kesehatan tubuh, namun jika paparan sinar matahari yang terlalu berlebih bisa emmbuat bibir menjadi pecah-pecah. Hindari hal tersebut dengan memakai tabir surya khusus yang diperuntukkan untuk bibir.
  5. Kurang vitamin – Bibir pecah-pecah menandakan tubuh kekurangan vitamin B2 sehingga bibir menjadi kering. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut seperti telur dan daging.
  6. Kelebihan vitamin – Bila asupan vitamin A berlebih bisa berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya membuat bibir kering dan pecah-pecah.
  7. Mengkonsumsi obat – Konsumsi obat untuk mengatasi masalah hipotiroid, jerawat dan tekanan darah tinggi bisa memicu bibir kering dan pecah-pecah. Bila kondisinya sampai parah, coba diskusikan dengan dokter terkait hal ini.

Rawatlah diri dengan mengetahui penyebab suatu penyakit. Dengan mengetahui penyebab, setidaknya Anda akan mengurangi resiko terjadinya penyakit pada tubuh Anda sendiri.

Baca juga:

Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering Serta Pecah – Pecah Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Hitam Menjadi Merah Merona Secara Alami

Ingin Bibir Lembap Lebih Lama? Ini Rahasianya

 

Loading...