Home Informasi Travel Mendaki Gunung Marapi Lewat Jalur Populer Koto Baru

Mendaki Gunung Marapi Lewat Jalur Populer Koto Baru

926
0
Gunung Marapi, Padang-Sumatera Barat
Gunung Marapi, Padang-Sumatera Barat

Kabarmaya.co.id Gunung Marapi, sebutan ini mungkin tak terasa asing di telinga. Terlebih bagi Anda yang mengaku sebagai seorang pendaki. Gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2891 mdpl ini terletak di Sumatera Barat. Berbagai rute dapat Anda tempuh untuk bisa sampai di tempat ini, salah satunya yaitu melalui jalur Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Anda yang berada di kota Padang, bisa menaiki mobil menuju Kota Bukittinggi atau Payakumbuh. Setelahnya, perjalanan akan diteruskan menuju kawasan Tower menggunakan angkutan kota atau bisa juga memanfaatkan ojek. Kawasan Tower sendiri merupakan pos, dimana petugas akan mengecek perbekalan serta mendata Anda sebelum melakukan pendakian. Perlu diketahui, selain harus lolos administrasi, Anda juga diharuskan untuk membayar biaya retribusi.

Saat Anda mendaki Gunung Marapi melalui jalur Koto Baru, akan ada beberapa pos yang akan Anda lewati. Pos pertama merupakan pos jaga polisi hutan. Pos selanjutnya ada di KM 4 dan yang terakhir yaitu Cadas Merapi. Dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan untuk bisa menempuh track sepanjang 8 kilometer tersebut. Track menuju puncak terbilang cukup sulit karena sepanjang perjalanan Anda akan dikelilingi oleh jurang dalam.

Perlu diperhatikan juga, saat mendaki Gunung Marapi sebaiknya Anda lakukan pada saat bulan kering. Bulan kering biasa ada di sekitar bulan Maret hingga Juli. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan Anda saat mendaki, mengingat track yang harus ditempuh juga lumayan membahayakan. Di pos terakhir, yaitu Cadas Marapi, Anda bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi dan Padang Panjang sebagai bonus.

Baca juga:

Mendaki Gunung Marapi, Siap-Siap Dapat Bonus Gunung Singgalang!

Daftar 10 Gunung Eksotik Di Indonesia Untuk Pendakian

Tempat Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

 

Loading...