Mobile Site

Rekomendasi 4 Rumah Makan Khas Minang Di Jakarta

Wisata 349 View

Rekomendasi-4-Rumah-Makan-Khas-Minang-Di-Jakarta

Kabarmaya.co.idMasakan Minang merupakan salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia. Anda yang ingin menyantap masakan ini, tak perlu lagi jauh-jauh berkunjung ke Sumatera Barat. Sekarang sudah banyak rumah makan yang menyediakan masakan Minang di daerah atau kota-kota terdeka, salah satunya di Jakarta. Di ibukota, terdapat beberapa rumah makan yang bahkan sudah terkenal dan legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Berikut 4 rekomendasi rumah makan Minang legendaris di Jakarta yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara:

  1. Rumah Makan Sepakat

Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 1969 ini terletak di samping Blok M Square. Rumah Makan Sepakat memiliki bangunan berlantai tiga dengan menuandalan berupa gulai gajebo. Gulai gajebo dikatakan hidangan yang langka, sebab gulai sandung lamur asam padeh ini sulit ditemukan di Jakarta. Gulai gajebo merupakan bagian punuk sapi dengan lema tebal di bagian dagingnya. Bahan tersebut kemudian dimasak asam padeh tanpa menggunakan santan,melainkan hanya menggunakan air kelapa. Selain itu, ikan bawal juga menjadi menu andalan dari Rumah Makan Sepakat ini.

  1. Rumah Makan Djaja

Sama dengan RM Sepakat, Rumah Makan Djaja juga sudah dibuka sejak tahun 1969 lalu. gerai pertama mereka ada di Jalan Krekot dekat Pasar Baru. Pada tahun 1974, mereka pindah ke Jalan Hayam Wuruk. Namun sekarang rumah makan ini terletak di Jalan Hasyim Ashari Nomor 13B, Jakarta Pusat. Rahasia sukses RM Djaja ialah resep dan cara memasaknya yang masih tradisional. Rumah Makan Djaja memiliki 15 menu yang tersaji di etalase, dan dari semua menu tersebut ayam goreng adalah menu andalannya. Ayam goreng tersebut sudah lengap dengan serundeng yang tentu saja akan menambah kaya rasa si ayam.

  1. Rumah Makan Surya

Rumah Makan Surya terletak di kawasan Benhil, Jakarta Pusat. Rumah makan yang sudah dibuka sejak tahun 1970 ini terkenal sebagai salah satu rumah makan Minang yang menyediakan lauk komplit. Hmpir semua lauk khas Minang tersedia di tempat makan tersebut, mulai dari dendeng, sambal lado mudo gulai kikil, rendang dan lain-lain. Selain itu RM Surya ini juga memiliki menu lain, seperti mie goreng, nasi goreng, sop buntut yang semuanya dimasak khas Minang. Satu lagi, ada hal yang unik dari rumah makan ini. Mereka akan berhenti beroperasional dari tanggal satu Ramadhan hingga 2 Syawal.

  1. Rumah Makan Simay

Rumah Makan Simay terletak di kawasan Tanah Abang atau Palmerah. Jika Anda doyan dengan rendang, wajib hukumnya datang ke rumah makan ini. Hj Meyyulis, sang pemilik, bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang diadakan oleh UPTD Anjungan Sumbar TMII pada tahun 2011 lalu. ia juga pernah menyabet juara Festival Rendang Padang “Rendang Mendunia” di Taman Budaya Sumbar TMII pada tahun 2012 lalu. Rendang di rumah makan ini terkenal sangat khas karena menggunakan paha belakang sapi bagian atas. Selain rendang, Rumah Makan Simay juga memiliki hidangan terkenal lain, yaitu dendeng.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id