Mobile Site

Hindari Segera! Kebiasaan Ini Bikin Laptop Cepat Rusak

Teknologi 45 View

Hindari-Segera!-Kebiasaan-Ini-Bikin-Laptop-Cepat-Rusak

(sumber gambar: Icommits.co.id)

Kabarmaya.co.idMulai dari pekerja kantoran sampai lembaga-lembaga pendidikan memerlukan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya, sayangnya banyak orang yang tidak sadar bahwa kebiasaan yang dilakukan dapat merusak laptop. Ada banyak faktor yang mendasari kerusakan pada laptop. Ada perilaku-perilaku yang pada akhirnya justru membuat Anda akan service atau mengganti laptop dengan cepat. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak laptop yang jarang sekali disadari:

Makan atau minum sambil menggunakan laptop – ketika makan bisa saja remah-remah makanan jatuh ke keyboard. Selain membuat kotor jatuhnya remah-remah ke laptop juga bisa menyebabkan tidak berfungsinya keyboard. Apalagi jika minuman yang tumbah pada keyboard. Menurut Sewelltech, penyebab utama dari 60% perbaikan laptop adalah karena tumpahnya cairan pada keyboard.

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari – ketika sedang menggunakan laptop di bawah sinar matahari, hal tersebut membuat layar laptop bekerja lebih keras dalam menyesuaikan kecerahan layar. Jika hal tersebut sering terjadi maka ketajaman layar laptop akan menurun. Selain itu panas yang terjadi di dalam laptop dapat merusak CPU, hard drive, baterai, dan elemen lainnya.

Meletakkan objek diatas laptop – dengan meletakkan barang di atas laptop itu dapat merusak laptop, menggores bahkan memecah laptop. Barang yang diletakkan di atas laptop dapat saja menimbulkan kerusakan parah pada LCD dan engsel.

Hindari menjelajahi website tanpa perlindungan – laptop bisa saja terinfeksi virus ketika digunakan untuk menjelajahi situs-situs seperti tempat mengunduh film ataupun ketika menggunakan software gratis. Terlebih apabila software tersebut seolah-olah digunakan sebagai antivirus yang seharusnya melingdungi laptop. Sebaiknya gunakan software yang telah ada dari paket laptop saat pertama kali dibeli.

Membersihkan laptop dengan detergen berbahaya – ketika laptop kotor memang harus segera dibersihkan, namun jangan sekali-sekali membersihkan menggunakan detergen. Karena hal tersebut dapat merusak laptop. Cara terbaik untuk membersihkan laptop adalah dengan menggunakan kain microfiber kering dan jangan terlalu menekan laptop ketika sedang membersihkan dan untuk keyboard dan touchpad dapat dibersihkan dengan compressed air atau air duster.

Beberapa faktor di atas merupakan kebiasaan yang dapat merusak laptop, jadi jangan pernah dilakukan jika tidak ingin laptop Anda rusak dalam waktu yang cukup singkat!

Tags
Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id