Mobile Site

Ops! 5 Lagu K-Pop Ini Diduga Merupakan Hasil Plagiat

Berita K-Pop 928 View

Ops!-5-Lagu-K-Pop-Ini-Diduga-Merupakan-Hasil-Plagiat-BTS

BTS ‘Dope’

Kabarmaya.co.idBeberapa waktu lalu, dunia K-Pop di Indonesia sempat dihebohkan oleh dugaan plagiarisme yang dilakukan oleh Youtuber Indonesia Reza Arap. Pria yang dikenal sebagai Youtuber gaming tersebut memang sedang melebarkan sayapnya sebagai seorang penyanyi. Bekerja sama dengan Eka Gustiawan ia merilis single baru berjudul ‘KING (Of Tale)’. Namun alih-alih mendapat sambutan positif, lagu ini malah menui hujatan. Pasalnya banyak netizen menganggap jika lagu tersebut mirip dengan lagu G-Dragon alias GD Big Bang yang berjudul ‘BULLSH*T’.

Uniknya, dugaan plagiat juga terkadang menerpa artis-artis K-Pop. Beberapa lagu yang dirilis para idol maupun solois, beberapa ada yang dituding sebagai plagiat lagu lain yang lebih dulu dirilis. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. SNSD – Dancing Queen

Girls Generation (SNSD) pernah tertimpa gosip plagiat dalam lagunya. Tepatnya adalah lagu ‘Dancing Queen’ yang dituduh plagiat lagu ‘Mercy’. Namun selanjutnya dijelaskan bahwa lagu ‘Dancing Queen’ merupakan remake dari lagu ‘Mercy’. Sayangnya karena masalah hak cipta, alhasil lagu ini menjadi kontroversial

  1. Taeyeon SNSD – I

Salah satu single milik leader SNSD yang berjudul ‘I’ disebut-sebut memiliki kesamaan dengan lagu milik Taylor Swift ‘Out of the Wood’. Bahkan lagu yang dirilis pada tahun 2015 ini juga punya kesamaan dengan karya penyanyi India bernama Hiphop Tamizha yang berjudul ‘Vaadi Pulla Vaadi’.

  1. Big Bang – Sober

Lagu ‘Sober’ yang dirilis pada tahun 2015 diduga menjiplak lagu milik The Wanted berjudul ‘Glad You Came’. Kemiripan ini terdengar pada menit ke 1:01 hingga ke 1:15 di lagu ‘Sober’ yang cukup mirip dengan irama ‘Glad You Came’ di menit ke 1:04 hingga 1:19.

  1. BTS – Dead Leaves

Boyband yang berdiri sejak tahun 2013 tersebut diterpa kasus plagiarisme saat merilis single ‘Dope’. Pasalnya, lagu itu punya kemiripan dengan lagu milik Flo Rida ‘GDFR’. Tak hanya itu saja, salah satu lagu di album The Most Beautiful Moment In Life, Pt. 2  yang berjudul ‘Dead Leaves’ juga pernah dituduh plagiat dari lagu milik Black Bear berjudul ‘Dead Leaves’.

  1. T-ARA – Sugar Free

Pada tahun 2014, single T-ARA yang bejudul ‘Sugar Free’ ternyata punya kemiripan dengan lagu milik duo musisi elektronik asal Kanda bernama Dvbbs yang berjudul ‘Tsunami’. Selain itu, artwork dari album tersebut juga disebut-sebut meniru dari artwork album milik Justice, yang merupakan duo musisi elektronik ternama.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id