Mobile Site

Wah! 3 Film Religi Ini Justru Menuai Kontroversi

Movie 701 View

Wah!-3-Film-Religi-Ini-Justru-Menuai-Kontroversi-Perempuan-Berkalung-Sorban

Kabarmaya.co.id – Saat ini, sudah banyak film bertema religi yang tayang di bioskop. Agama memang topik sensitif di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih, Indonesia adalah salah satu negara Islam terbesar. Maka dari itu tidak sedikit pula film-film religi yang sempat menuai kontroversi karena ceritanya, bahkan sampai dicekal dan tidak diperkenankan tayang dibeberapa daerah. Dilansir dari Kumparan, berikut adalah beberapa film bertema religi yang justru menuai kontroversi:

‘212: The Power of Love’

Wah!-3-Film-Religi-Ini-Justru-Menuai-Kontroversi-

Film ini diambil dari gambaran aksi massa pada 2 Desember 2016 yang dilakukan oleh ribuan umat Islam di Indonesia. ‘212: The Power of Love’ ini menceritakan perjalanan seorang jurnalis yang dianggap radikal terhadap Islam, namun ia harus ikut dalam aksi itu karena sang ayah merupakan salah satu orang penting dalam aksi damai tersebut. Film besutan Jastis Arimba ini mendapatkan protes dan pelarangan penayangan dari sejumlah masyarakat di Manado dan Palangkaraya. Film ‘212: The Power of Love’ dinilai sebagian pihak memiliki propaganda politik.

‘? (Tanda Tanya)’

Wah!-3-Film-Religi-Ini-Justru-Menuai-Kontroversi-Tanda-Tanya

Film yang dibintangi Rio Dewanto, Revalina S. Temat, dan Reza Rahadian ini mengangkat tema tentang pluralisme agama di Indonesia yang kerap menimbulkan masalah dan konflik. ‘? (Tanda Tanya)’ ini menceritakan pengalaman sang sutradara, Hanung Bramantyo, sebagai seorang anak yang memiliki ras campuran. Film ini memiliki alur cerita tentang interaksi tiga keluarga yang berbeda agama, yaitu Buddha, Islam, dan Katolik, yang menjalani kesulitan karena adanya kekerasan dalam kehidupan sehari-hari. Hanung juga sempat mengalami kesulitan dalam menemukan dukungan dana karena tema filmnya menimbulkan kontroversi. Bukan hanya ketika pra-produksi saja, tapi setelah filmnya rilis pada 7 April 2011, ‘? (Tanda Tanya)’ ini juga menuai kritik dari MUI dan FPI.

‘Perempuan Berkalung Sorban’

Wah!-3-Film-Religi-Ini-Justru-Menuai-Kontroversi-Perempuan-Berkalung-Sorban

Film drama romantis yang kental akan agama Islam ini diangkat dari sebuah novel garapan Abidah El Khalieqy. ‘Perempuan Berkalung Sorban’ bercerita tentang bagaimana seorang perempuan harus tunduk pada laki-laki, dari hal itu dianggap oleh banyak orang bahwa ajaran Islam hanya membela kaum laki-laki. Selain itu, film ini juga berlatar di sebuah pesantren di Jawa Timur  yang cenderung mempraktikkan tradisi konservatif terhadap wanita. Film ini juga sempat menuai kontroversi karena dianggap mengkritik tradisi Islam di sejumlah pesantren. Bahkan, salah seorang perwakilan MUI (Majelis Ulama Indonesia) menyarankan agar film ini ditarik dari peredaran.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id