Mobile Site

Cara Sehat Mengatasi Ngantuk Tanpa Bantuan Kafein

Kesehatan 23 View

Cara-Sehat-Mengatasi-Ngantuk-Tanpa-Bantuan-Kafein

(sumber gambar: news.detik.com)

Kabarmaya.co.idRasa kantuk kerap datang ketika sedang belajar, bekerja, atau kegiatan lainnya yang mengharuskan tetap fit dalam menjalankan tugas. Minum kopi adalah cara banyak orang dalam menghadapi rasa kantuk. Kopi memang bisa membantu menghilangkan ngantuk karena di dalamnya terdapat hormon dopamin yang membuat kembali bersemangat. Sayangnya meminum kopi bukan cara yang sehat karena kopi mampu memompa jantung sangat cepat sehingga terasa tidak enak, kopi juga bisa membuat otak sangat lelah. Untuk mencegah rasa kantuk dengan sehat ada beberapa tips yang bisa diterapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Berjalan-jalan – Ternyata berjalan 10 menit dapat membuat terbangun selama 2 jam. Terlihat melelahkan memang, namun tenyata berjalan-jalan justru dapat menambah energi tubuh. Hal itu karena ketika berjalan-jalan oksigen terpompa ke dalam aliran darah dan masuk kedalam otak dan otot, sehingga energi terbentuk.

Istirahatkan mata dari layar – Yang menyebabkan seseorang mengantuk adalah salah satunya karena terlalu lama menatap layar. Ketika mata menatap layar mata akan tegang dan capek karena cahaya yang berasal dari layar. Beristirahatlah sejenak dari layar komputer untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Minum air – Dehidrasi adalah salah satu hal yang menyebabkan seseorang merasa ngantuk dan kelelahan. Minum air putih secukupnya adalah solusi sehat untuk mengatasi dehidrasi, dibandingkan dengan meminum kafein yang kurang sehat karena dapat membebani otak.

Makan jajanan sehat – Cara menghilangkan kantuk dapat dengan mengunyah makanan. Mengunyah dapat membuat terbangun, apalagi jika yang masuk kedalam mulut adalah makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak seperti buah, kacang-kacangan, yogurt dan keju. Tetapi hindari makanan yang banyak mengandung gula.

Menerangkan cahaya ruangan – Seseorang yang terkena cahaya terang memiliki tingkat kelelahan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang terkena cahaya yang redup.

Menghirup nafas dalam – Hal ini dapat menaikkan kadar oksigen didalam tubuh, menurunkan tekanan darah, melambatkan jantung, dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Nah itu tadi adalah beberapa tips untuk menghilangkan kantuk ketika harus menyelesaikan tugas, mudah bukan? Jadi tidak perlu mengkonsumsi banyak kafein ketika rasa kantuk menyerang. Hindari terlalu banyak minum kopi ya!

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id