Mobile Site

Mengenal Diabetes Retinopati yang Bisa Serang Bagian Mata

Kesehatan 357 View

Mengenal-Diabetes-Retinopati-yang-Bisa-Serang-Bagian-Mata

Kabarmaya.co.id – Diabetes merupakan momok baru bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia. Penderita diabetes biasanya juga akan menderita komplikasi di berbagai organ dalam, termasuk juga menyebabkan masalah pada mata. Orang yang mengalami diabetes atau kencing manis, berpotensi lebih besar terserang kebutaan. Diabetes yang menyerang bagian mata adalah diabetes retinopati.

Mata sendiri adalah organ tubuh manusia dimana bola mata dilindungi oleh membran mata yang kuat. Pelindung bola mata bagian depan berwarna jernih dan melengkung. Sinar yang datang akan masuk melewati kornea dan kemudian sinar ini akan terus masuk menuju ruang anterior. Ruang ini berisi cairan yang disebut dengan aqueous humor. Sinar akan terus berjalan menuju pupil dan lensa mata. Akhirnya sinar akan masuk ke ruang berisi cairan lain di tengah mata dan kemudian ke retina. Retina akan merekam benda yang dilihat, kemudian merubahnya menjadi sinyal-sinyal listrik yang kemudian dikirimkan ke otak untuk diterjemahkan oleh otak sehingga manusia mengetahui benda apa yang sedang dilihat.

Namun bagian penting yang digunakan untuk mengetahui indahnya dunia ini bisa terserang komplikasi yang disebabkan dari penyakit diabetes. Yang pertama adalah terserang glukoma. Orang yang menderita diabetes berpotensi 40% terkena glukoma dari pada orang yang normal. Semakin lama menderita diabetes, akan menambah kemungkinan terserang glukoma. Glukoma sendiri disebabkan karena tekanan pada bola mata. Yang kedua, katarak. Orang dengan penyakit diabetes akan mempunyai risiko 60% terserang katarak, tidak pandang usia muda atau tua.

Diabetes retinopati terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi, kemudian melemahkan dan merusak pembuluh darah kecil pada retina. Ada beberapa masalah yang ditimbulkan dari kerusakan pembuluh tersebut, yaitu pembengkakan pembuluh darah, kebocoran kecil akibat kerusakan pembuluh darah, perdarahan kecil dari pembuluh yang rusak, serta kemungkinan terjadi penyumbatan sehingga suplai darah dan oksigen ke retina.

Gejala yang ditimbulkan ketika terserang diabetes retinopati adalah terdapat bintik gelap yang mengganggu penglihatan sehingga menjadi kabur, bisa juga terlihat daerah gelap atau kosong, dan yang paling parah aka terjadi kebutaan. Faktor-faktor yang memicu timbulnya gangguan pada mata oleh penderita diabetes adalah durasi lama menderita diabetes, kadar gula semakin tiadk terkontrol, tekanan darah tinggi, mempunyai penyagit ginjal, kehamilan, dan obesitas.

Sebenarnya hal seperti ini bisa dicegah agar tidak terjadi. Seperti dengan mengontrol kadar kula supaya tidak tinggi, melakukan pengobatan sesuai saran dokter, mengatur pola makan sehat, mengontrol berat bada normal, mengontrol kolesterol dalkam darah, dan mengontrol tekanan darah agar tidak tinggi. Jika sudah terserang diabetes retinopati, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk menemukan solusi yang tepat.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id