Mobile Site

5 Minuman Keras Korea Terpopuler

Wisata 6 View

5-Minuman-Keras-Korea-Terpopuler

(sumbe rgambar: seoulspace.com)

Kabarmaya.co.id – Pecinta drama Korea, pasti tidak asing dengan budaya ‘minum’ yang kerap ditampilkan dalam scene drama. Budaya minum alkohol memang menjadi tradisi orang Korea untuk menghargai rekan atau orang yang dikenal. Yang paling terkenal adalah soju, jenis minuman ini biasanya berada dalam wadah botol berwarna hijau. Tapi merk soju juga bermacam-macam dan rasanya juga beragam. Selain soju, ada beberapa minuman keras asal Korea Selatan. Apa saja, yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Soju

Urutan pertama tentu saja diduduki oleh Soju. Minuman beralkohol ini memang memiliki banyak penggemar di Negara Ginseng tersebut. Soju sendiri berbahan dasar beras yang kemudian difermentasikan hingga mengandung alkohol di kisaran 10-25%. Setiap tahunnya, data menunjukkan adanya peningkatan penjulan dari minuman ini. Tak hanya rasa original, sekarang juga ada Soju dengan beragam rasa yang dihadirkan, seperti rasa buah misalnya (apel, lemon dan semangka).

  1. Insamju

Minuman beralkohol yang kedua adalah Insamju, salah satu minuman anggur yang dibuat dengan ginseng. Minuman beralkohol yang dikenal sebagai obat tradisional ini sangat populer di kalangan orang tua Korea Selatan. Insamju berasal dari fermentasi dari campuranĀ  ginseng Korea dan akar yang kemudian ditaruh dalam sebuah botol. Karena berkhasiat sebagai obat tradisional, Insamju dihargai cukup mahal per botolnya.

  1. Makkoli

Minuman beralkohol khas Korea yang ketiga yaitu Makkoli. Makkoli merupakan anggur beras Korea yang diproduksi dengan cara fermentasi campuran beras dengan air matang. Sebelum populer di kalangan anak muda, Makkoli awalnya merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh para petani. Masyarakat Korea biasanya mengkonsumsinya dengan pajeon atau pancake Korea. Secara tradisional, minuman yang sering disuguhkan saat upacara peringatan leluhur ini disajikan dalam logam besar atau mangkuk kayu. Namun secara modern, Makkoli sudah dikemas dalam botol plastik atau wadah kemasan aseptik.

  1. Mekju

Mekju merupakan salah satu bir populer di Korea yang berasal dari hite, cass, dan ob larer. Hite sendiri merupakan brewery hite yang merupakan bir terbesar di Korea Selatan. Cass merupakan pabrik yang sudah diambilalih oleh bir oriental pada tahun 1999, dimana perusahaan tersebut membuat ob lager dan cafri premium lager. Cass bir lagers 5% merupakan salah satu produknya dan merupakan salah satu dari 3 bir yang populer di Korea Selatan. Minuman ini biasanya dijual dalam kemasan botol. Sejak dimiliki oleh bir oriental ada 3 jenis ob bir termasuk bir baru 4,4% dan bir yang berkalori rendah serta berbagai ob yang tak beralkohol. Selain itu, bir oriental juga membuat bir cafri 4,0 premium.

  1. Podoju

Minuman beralkohol yang terakhir yaitu Podoju. Minuman ini juga merupakan salah satu minuman keras yang terbuat dari beras anggur yang dicampur dengan anggur atau jenis buah-buahan lainnya. Buah-buahan tersebut bisa berupa buah delima, buah pinus, ceri plum atau raspberries hitam. Di Korea, terdapat sejumlah minuman anggur tradisional yang dihasilkan melalui metode anggur merah otentik sehingga menghasilkan rasa yang lebih alami. Minuman anggur ini dipercaya bisa mencegah hipertensi. Selain itu, Podoju yang berasal dari campuran buah delima juga dipercaya bisa memperlancar sirkulasi darah. Podoju juga memiliki jenis lain yang cukup populer, yaitu anggur obat yang merupakan produk gabungan antara alkohol dengan akar, herbal, dan biji obat.

Minum minuman keras di Korea Selatan sudah menjadi kebiasaan. Tapi bukan berarti semua orang Korea yang sudah cukup umur meminum minuman keras beberapa orang Korea juga menyatakan bahwa mereka tidak ‘minum’. Untuk yang minum sampai mabuk, biasanya akan mengkonsumsi sup pengar atau haejangguk untuk menghilangkan mabuk.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id