Mobile Site

8 Rekomendasi Wisata Daerah Busan Korea Selatan

Wisata 49 View

Beomeosa-Busan-Korea-Selatan

Beomeosa (sumber gambar: thousandwonders.net)

Kabarmaya.co.idBagi kebanyakan orang, kata Busan mungkin sudah tak asing di telinga, terlebih bagi mereka yang gemar menonton drama Korea. Busan memang ada di Korea Selatan, sebuah kota metropolitan paling besar ke-2 setelah Seoul. Kota yang juga mendapat predikat sebagai kota pelabuhan paling besar dengan sebutan ‘The Southeast Economi Zone‘ ini berada di pinggir Sungai Nakdong, sungai terpanjang di Korea yang akan bermuara di Selat Korea. Jika berkunjung ke Korea Selatan, wisatawan yang berkesempatan mampir ke Busan wajib singgah ke beberapa tempat wisata yang ada di sana. Lantas, tempat apa saja yang wajib dikunungi oleh para wisatawan tersebut? Berikut 8 daftarnya:

  1. Pantai Gwangalli
Pantai-Gwangalli-Busan-Korea-Selatan

Pantai Gwangalli (sumber gambar: jendelakorea.blogspot.com)

Pantai Gwangalli merupakan pantai berpasir yang berada di samping barat Pantai Haeundae, tepatnya ada di Suyeong-gu, Busan. Di pantai yang memiliki panjang sekitar 1,4 km serta lebar mulai dari 25 hingga 110 meter tersebut, wisatawan akan menemukan Jembatan Gwangan. Pantai Gwangalli memiliki pasir yang berwarna coklat keabuan serta air laut yang begitu jernih. Tak hanya wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan saja yang berkunjung, banyak juga yang kesana untuk memancing. Pantai Gwanglli telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti restoran, cafe, serta hotel yang tentu sangat diperlukan oleh para wisatwan yang datang. Tak jauh dari tempat ini juga terdapat tempat wisata lain seperti Suyeong Sajeok Park, Millak Waterfront Park, dan juga Pulau Dongbaekseom.

  1. Oryukdo Island
Oryukdo-Island-Busan-Korea-Selatan

Oryukdo Island (sumber gambar: tripadvisor.com)

Pulau Oryukdo merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang ada di Nam-gu, pantai selatan Busan. Nama pulau ini terdiri dari dua kata yaitu ‘o’ yang bermakna ‘lima’ dan ‘yuk‘ yang bermakna ‘enam’. Nama tersebut sekaligus menunjukkan jumlah dari pulau yang ada di dalam gugusan. Pulau-pulau tersebut bernama Surido Island, Osakdo Island, Guldo Island, Deungdaedo Island, dan Gonggotdo Island. Seluruh pulau tersebut bukan pulau yang berpenghuni karena hanya terdiri dari bebatuan. Namun ada satu pulau yang di dalamnya terdapat mercusuar, yaitu pulau Deunggodaedo.

  1. Haedong Yonggungsa
Haedong-Yonggungsa-Busan-Korea-Selatan

Haedong Yonggungsa (sumber gambar: travel.sygic.com)

Di Gijang-gun terdapat beberapa kuil Budha, salah satu yang bsa dikunjungi yaitu Haedong Yonggungsa. Kuil yang dibangun di atas tebing di pinggir laut ini pertama kali dibangun oleh seorang guru yang bernama Naong pada tahun 1376 yang hidup di dinasti Goryeo. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena letaknya yang unik tersebut. Selain itu, Haengdo Yonggungsa juga dekat dengan Pantai Haeundae yang ada di timur Busan sehingga wisatawan yang dari atau akan kepantai bisa mampir ke kuil ini. Jika wisatawan berkunjung saat perayaan tahun Budha, wisatawan akan melihat berbagai jenis lampion kertas yang menghiasi kuil ini.

  1. Taejongdae
Taejongdae-Busan-Korea-Selatan

Taejongdae (sumber gambar: cheria-travel.com)

Di ujung selatan Pulau Yeongdo, Busan, terdapat taman alami yang begitu indah, salah satunya yaitu Taejongdae. Yeongdo sendiri merupakan satu pulau kecil yang ada di selatan Busan dan termasuk dalam distrik Yeongdo-gu. Nama taman ini diambil dari nama seorang raja ke-29 dari Kerajaan Silla yang sering berkunjung ke tempat ini. Raja tersebut bernama Taejong Mu-Yeol. Berbeda dengan taman lainnya, Taejongdae memiliki pemandangan unik karena letaknya yang ada di satu tebing yang menghadap ke laut lepas. Selain itu, taman ini juga didominasi dengan pohon-pohon hijau serta dilengkapi dengan beragam sarana seperti taman bermain, mercusuar, dermaga untuk kapal pesiar hingga observatorium.

  1. Pantai Haeundae
Pantai-Haeundae-Busan-Korea-Selatan

Pantai Haeundae (sumber gambar: tourkekorea.net)

Pantai Haeundae merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Busan. Dari stasiun utama di pusat kota Busan, wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di pantai yang berpasir sepanjang 12 km ini. Selain itu, wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam jika berangkat dari Gimhae International Airport. Karena letaknya yang cukup dekat denan pusat kota inilah, salah satu alasan kenapa para wisatawan banyak berkunjung ke pantai Haeundae setiap tahunnya.

  1. Yongdusan Park
Yongdusan-Park-Busan-Korea-Selatan

Yongdusan Park (sumber gambar: CeritaKorea.com)

Yongdusan Park merupakan taman kota yang berada di Jung-gu, Busan. Di taman ini terdapat landmark paling utama Busan, yaitu Busan Tower yang memiliki tinggi 118 meter. Yongdusan Park memiliki luas sekitar 6,9 hektar yang ditanami sekitar 70 spesies tumbuhan. Yongdusan sendiri memiliki arti sebagai ‘gunung kepala naga‘, karena tempat ini terdapat di pegunungan yang bentuknya mirip dengan kepala naga. Selain Busan Tower, taman ini juga memiliki landmark lain seperti Patung Jenderal Yi Sun Sin, Palgakjeong (Octagonal Pavilion), Cheongdongyotap, flower clock, serta Museum World Folk Instrument.

  1. Gukje Market
Gukje-Market-Busan-Korea-Selatan

Gukje Market (sumber gambar: english.visitkorea.or.kr)

Gukje Market merupakan salah satu pasar radisional yang ada di Jung-gu, Busan. ‘Ggukje’ sendiri dalam bahasa Korea memiliki arti sebagai ‘pasar tradisional’. Pasar yang pertama kali dibangun pada 1948 ini merupakan hasil karya dari warga Korea yang melarikan diri ke Busan saat pecahnya Perang Korea. Di lokasi tersebut, warga kemudian membangun rumah sekaligus dengan tempat berdagangnya. Gukje Market sendiri merupakan pasar tradisional terbesar di Busan. Dalam pasar yang buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam ini, pembeli bisa menemukan berbagai jenis komoditas seperti makanan, baju, barang elektronik, dan juga perabot rumah tangga. Di sekitarnya juga terdapat beberapa pasar yang ukurannya lebih kecil, misalnya Kkangtong Market, Bupyeong Market dan beberapa lainnya.

  1. Beomeosa
Beomeosa-Busan-Korea-Selatan

Beomeosa (sumber gambar: thousandwonders.net)

Satu lagi kuil Budha yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Beomeosa. Kuil yang pertama kali dibangun pada tahun 678 Masehi ini terletak di Cheongnyong-dong, Geomjeng-gu, Busan, tepatnya di lereng Gunung Geumjeong. Gunung Geumjeong sendiri memiliki tinggi sekitar 801 meter, yang letaknya ada diantara Busan dan Yangsan. Jika diartikan, Beomeosa memiliki arti sebagai kuil ikan nirwana. Kuil ini disebut sebagai kuil paling utama milik Sekte Jogye, satu diantara sekte dalam agama Budha di Korea. Para wisatawan biasanya kerap mengunjungi beberapa bagian kuil yaitu Ijumun (gerbang pertama), Daengjeon (hall paling utama), dua pagoda Wonhyoam, dan satu pagoda berlantai tiga.

Loading...
@ Copyright 2016 - 2018 Kabarmaya.co.id